9 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet – Ide Bisnis Rumahan


Pingin tahu bagaimana menghasilkan duit di internet? Penasaran dengan pertanyaan benarkah ada orang yang kerja online, menghasilkan duit banyak dengan aktivitasnya itu dan menggantungkan hidupnya “hanya” dgn hasil bisnisnya di dunia maya? Apakah kerja secara online hanya untuk orang yang tidak gaptek saja atau paling tidak pendidikannya sarjana ataukah ide usaha seperti itu bisa juga dikerjakan dengan sukses oleh seorang ibu rumah tangga?

Pertanyaan di atas adalah sebagian kecil diantara sekian banyaknya pertanyaan yang menyangkut perihal usaha menguntungkan modal kecil yang biasanya dicari jawabannya oleh ibu rumah tangga, mahasiswa atau karyawan bahkan para pelajar. Guna ingin memberikan informasi yang benar seputar topik menghasilkan uang dengan mudah maka pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi info tentang seorang pebisnis online yang saya kenal sejak lama dari tulisan-tulisannya dan kini menggantungkan hidup sepenuhnya dengan penghasilan kerja online yg ditekuninya. Dia adalah Herman Yudiono, seorang blogger, marketing profesional, penulis dan mantan seorang karyawan perusahaan tambang besar di Sulawesi (yang waktu itu telah memiliki penghasilan puluhan juta sebagai karyawan di perusahaan tersebut) namun ditinggalkannya dan lebih memilih menekuni bisnis online sacara total. Mari, kita kenal lebih dekat sosok Herman Yudiono atau biasa dipanggil Kang Yudiono itu.

Selintas Sosok Herman Yudiono


cara mendapatkan uang dari internet
Foto Kang Yudiono pemilik www.BlogoDolar.com

Lahir di Sumedang, lulusan sarjana IPB jurusan Teknik Kimia tahun 2003 ini adalah mantan karyawan yang pernah bekerja di perusahaan tambang nikel di Soroako (lebih kurang 600 km dari Makassar) dan bergaji 20 juta sebulan waktu itu namun dia lebih “mencintai” pekerjaan menjadi Blogger (sebutan lain untuk penulis yang kerja secara online). Aktif menjadi Blogger sejak Mei 2009 sampai sekarang dan mengalami penolakan oleh keluarganya terutama istrinya karena lebih memilih menjadi Blogger ketimbang menekuni pekerjaan sebagai karyawan tambang bagian Chemistry.

Kata hati Herman Yudiono untuk menekuni dunia blogging secara total sebagai pekerjaan utama (yang awalnya mendptkan pertentangan oleh pihak keluarga) akhirnya terbukti benar bahwa bekerja di dunia online pun, seseorang bisa menghasilkan uang halal, bisa hidup layak sebagai manusia, lebih bebas dan tentunya lebih bahagia menjalani kehidupannya karena apa yang dikerjakannya sesuai dengan keinginan atau passion-nya. Sebuah impian yang selama ini Kang Yudiono angankan akhirnya membuahkan hasil yang menguntungkan. Lalu apa saja sebenarnya jenis bisnis online yang ditekuninya selama ini sehingga bisa melebihi pendapatannya sebagai seorang karyawan? Jangan berlalu begitu saja, karena di bawah ini adalah beberapa jenis usaha yang cocok untuk karyawan yg dilakukan oleh Kang Yudiono.

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet ala Herman Yudiono

Ada 9 cara yang telah dilakukan dan akan dilakukannya saat mencari penghasilan online untuk menunjang ekonomi keluarga yaitu bisnis Paid Review, Pay Per Click, Iklan Mandiri, Cost Per Mile, bisnis Afiliasi, bisnis Text Link Ads, Paid Download, sedangkan Membuat e-book dan Menjual Jasa adalah 2 jenis usaha telah direncanakannya dan akan ditekuninya juga. Inilah penjelasan singkat singkat tentang 9 jenis usaha menguntungkan di rumah yang dilakukannya.

Ide Bisnis Rumahan - Jenis Bisnis Online Terbaik Yang Ditekuni oleh Herman Yudiono

Paid Review adalah sebuah contoh salah satu cara kerja yaitu membuat ulasan dalam bentuk artikel sesuai pesanan klien. Paid Review sama artinya dengan Pay Per Post atau Sponsored Review. Untuk dapat mengikuti jenis bisnis ini maka seseorang harus memiliki sebuah blog atau website aktif sebagai tempat untuk memposting artikel yang hendak ditulis. Di Indonesia, bisnis Paid Review tidaklah populer dibandingkan misalnya dengan jenis usaha Pay Per Click. Oleh karena, jika mau menekuni bisnis ini maka memilikilah sebuah blog atau situs dan lalu daftarkan blog tersebut kepada pihak ketiga (broker). Jasa broker dalam usaha ini sangatlah penting dan bermanfaat karena kita tak perlu susah payah mencari klien karena akan diatur oleh pihak broker. Sedangkan untuk keuntungan dari setiap artikel yang berhasil dipublikasikan dan disetujui oleh klien di situs milik kita akan mendapatkan reward atau bayaran sesuai dengan kesepakatan. Untuk setiap tugas atau order pembuatan ulasan atau artikel memiliki nilai uang yang berbeda-beda tergantung kepada tingkat kesulitan pembuatan artikel itu sendiri dan lain-lain. Broker penyedia jasa Paid Review yang direkomendasikan adalah SponsoredReviews.com, Blogsvertise.com, www.ReviewMe.com dan www.LinkWorth.com. Menurut pengakuan Kang Yudiono, jika ada orang bule yang ingin memakai jasa reviewnya maka dia mematok harga antara $25 - $50 per satu artikel, jadi jika dalam sebulan dapat 25 job dengan rincian sehari mengerjakan 1 review maka paling tidak (minimal) sudah dapat $625 setiap bulannya, lumayan bukan?

Pay Per Click (PPC) adalah sebuah jenis usaha yang menghasilkan uang dengan cara memasang iklan di blog dimana pemilik blog akan memperoleh keuntungan uang jika ada pengunjung situsnya yang mengklik iklan. Mungkin ada puluhan jenis perusahaan yang bergerak di bidang PPC ini, namun hanya ada beberapa saja yang populer dijalankan oleh Kang Yudiono yaitu Google Adsense, Infolinks, Chitika dan Kontera dimana program-program tersebut berbasis di luar negeri. Untuk Indonesia sendiri, KumpulBlogger.com, KlikSaya.com dan AdsenseCamp adalah perusahaan PPC lokal yang populer dan banyak diikuti oleh para blogger tanah air. Kang Yudiono sendiri pernah mengakui bahwa dari bisnis PPC ini, dia pernah mengantongi bayaran sebesar 26 jutaan atau tepatnya $2.682,34. Andai saja, saya atau Anda punya penghasilan sebesar itu, pasti sangat menyenangkan, bukan? Penghasilan yang jauh di atas UMR daerah manapun di Indonesia tahun 2015 ini.

Iklan Mandiri yaitu jasa penyediaan space (tempat) iklan di situs milik kita. Jadi bila Anda memiliki situs atau blog yang populer (artinya banyak dikunjungi orang setiap harinya) maka bisa membuka usaha jasa periklanan mandiri seperti ini. Kita akan menerima uang jika ada orang atau klien yang memasang iklan di blog tersebut. Biasanya iklan tersebut berupa gambar atau sering dikenal dengan istilah banner dengan bermacam ukuran seperti 125x125 px, 250x250px, 728x90 px dan ukuran lainnya. Penempatan banner biasanya diletakkan di sebelah kanan atau kiri (sidebar), atau bagian atas, bagian bawah (footer) atau di dalam artikel postingan. Penempatan tersebut umumnya disesuaikan dengan struktur masing-masing penampilan atau kerangka (template/themes) sebuah situs, diatur sedemikian rupa sehingga tampil menarik, informatif dan tidak menggangu penglihatan pengunjung blog.

Cost Per Mile (CPM) yakni jenis bisnis online yang akan membayar para pemilik blog berdasarkan impresi (atau kuantitas jumlah halaman yang dilihat pengunjung). Program ini sangat menguntungkan jika Anda memiliki situs dengan pengunjung yang banyak setiap harinya. Sebagai contoh, sebuah blog yang menghasilkan 100.000 page views per bulan menampilkan iklan dengan CPM $1, maka blog tersebut akan mendapatkan $100 per bulan (100.000/1.000 x $1). Program CPM untuk situs dengan artikel bahasa Inggris yang populer adalah Inniti.com, namun perusahaan ini juga menerima lamaran dari blog bahasa lain termasuk bahasa Indonesia asalkan memiliki jumlah kunjungan minimal 40 ribu kali setiap bulannya.

Bisnis Afiliasi yaitu sebuah jenis usaha yang akan memberikan komisi berdasarkan penjualan yang berhasil dilakukan. Istilah sehari-hari yang dikenal orang adalah broker atau calo atau jomblang. Biasanya para pelaku usaha modal kecil jenis ini adalah mereka yang tak memproduksi atau memiliki produk barang atau jasa tertentu tapi ikut andil mempromosikan atau menjualkan kepada orang lain. Jika berhasil menjual berdasarkan referensi mereka maka akan menghasilkan komisi berdasarkan prosentase yang telah disepakati antara pemilik produk barang atau jasa dengan para afiliaternya. Besaran prosentase bermacam-macam tergantung kebijakan pemilik barang atau jasa yang bersangkutan. Kegiatan bisnis afiliasi ini semuanya dilakukan lewat proses yg panjang, mulai dari mencari rekanan pemilik produk sampai menjualnya dan menerima komisi penjualan semuanya dilaksanakan secara online. Di Amerika, Amazon.com dan ClickBank.com adalah 2 perusahaan besar yang berkecimpung di jenis usaha seperti ini.

Text link ads adalah sebuah peluang bisnis online berbasis periklanan yang mengharuskan setiap orang memiliki website atau blog dengan kriteria tertentu agar dapat mengikuti program ini. Menampilkan iklan berupa tautan (link ads) dengan bayaran berkisar antara $4 - $8 untuk setiap 1 tautan dengan durasi 1 bulan. Untuk menjaring klien yang mau pasang iklan tautan blog milik kita maka harus bergabung atau mendaftar ke salah satu perusahaan yg bergerak dalam bidang tersebut seperti misalnya TNX.com, LinkWorth.com, atau bisa pula Backlinks.com.

Paid To Download adalah jenis bisnis di internet yang akan membayar Anda jika file yang Anda simpan di situs penyimpanan gratis di-download oleh orang lain. File ini bisa berupa pdf, gambar, software, dan lain-lain. Anda akan mendapatkan uang dari bisnis ini dengan jumlah bervariasi, umumnya $0.001 per download. Dengan kata lain, Anda akan dapat $1 bila file Anda di-download oleh seribu orang. Di program ini, Kang Yudiono mengaku bahwa hanya mengikuti jenis usaha ini di Ziddu dan belum pernah merasakan payout (gajian) sekalipun padahal sudah 3 tahun masa gabungnya.

Selain jenis bisnis seperti di atas yang telah terbukti menghasilkan uang, Kang Yudiono berencana untuk memulai bisnis online lain yaitu menjual jasa membuat blog, jasa backlink, dan jasa penulisan artikel berbahasa Inggris. Ini adalah 3 bisnis yang juga cepat mendatangkan uang dalam waktu relatif singkat (cepat). Saat ini, dia bersama teman-temannya sedang menyusun rencana untuk memulai usaha sampingan tersebut.

Menjual e-Book (electronic book) adalah bisnis kecil terakhir yang ingin ditekuninya di waktu mendatang. E-book memiliki potensi bagus untuk bisa memperoleh uang dengan mudah karena sudah banyak blogger lain yang telah membuktikan hal itu. Dengan pengalamannya bertahun-tahun menjadi pebisnis online maka dia dapat menulis sebuah konsep bisnis yang bermanfaat untuk orang lain misalnya seperti cara menghasilkan dari blog dan sebagainya. Jika ada orang yang tertarik maka mereka harus membayar sejumlah uang untuk mencari informasi tersebut.
Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang dilakukan oleh Herman Yudiono selama ini. Apakah tertarik untuk menekuni salah satu jenis bisnis seperti yg dilakukan olehnya? Jika jawabannya IYA maka mulailah dari sekarang mencari informasi yang benar tentang bisnis menguntungkan tersebut. Ingatlah bahwa tak ada hal mudah dalam menjalani dunia bisnis ini karena membutuhkan proses panjang dan harus rela belajar keras serta pantang menyerah sampai mencapai keberhasilan. [Inspirasi: BlogoDolar.com].