Contoh Usaha Kecil-kecilan Untuk Bisnis Sampingan di Rumah


Bisnis kecil-kecilan apa kira-kira yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga ketika sedang memiliki waktu senggang setelah pekerjaan mengurus rumah sudah selesai? Atau apa bisnis tanpa modal uang yang besar untuk menambah penghasilan sepulang kerja. Bekerja di kantor dari jam 8 pagi sampai 4 sore namun merasa perlu mencari uang untuk menambah penghasilan di rumah dengan menekuni usaha rumahan yang menghasilkan.

Hal tersebut adalah beberapa pertanyaan umum yg biasa kita dengar dari teman, tetangga, saudara atau mungkin diri kita sendiri yang ingin berbisnis rumahan dengan modal kecil dan mudah dikerjakan, kita senang melakukannya dan akhirnya mendapatkan keuntungan dari kegiatan di waktu senggang tersebut.

Di tahun 2016 ini dimana bermacam kebutuhan sehari-hari makin mahal, contohnya seorang ibu rumah tangga yg hanya mengharapkan gaji bulanan suami seorang yg hanya pekerja biasa dengan honor pas-pasan, maka gaji tersebut mungkin tidaklah cukup. Atau honor seorang karyawan dengan tanggungan 2 anak, kreditan motor, kontrakan rumah dan sebagainya pastilah tidak pernah cukup dalam sebulan. Oleh sebab itu, perlu mencari cara menghasilkan uang dari sumber lain agar dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga tersebut.

Tips Mencari Uang Dari Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Untung Besar


Sebelumnya, kami ingin memberikan beberapa petunjuk penting berkaitan dengan ide peluang usaha modal kecil, bagaimana cara usaha rumahan yang sukses dan kapan sebaiknya bikin usaha modal kecil. Mungkin Anda sudah pernah tahu akan hal tersebut, maka bisa melewati untuk tidak membacanya, namun jika belum pernah mengetahuinya maka silahkan terus membaca peluang usaha sampingan dengan modal kecil ini.

  • Mau Bisnis Apa? Ini adalah pertanyaan umum yang sering dikemukakan oleh para pemula, entah itu karyawan yg ingin memulai usaha sendiri di rumah atau ibu rumah tangga yg mau membantu keuangan keluarga. Nah, jawabnya sebenarnya adalah mudah. Coba pilihlah usaha rumahan yang sesuai dengan minat, keahlian atau pengalaman kita. Seperti misalnya jika seseorang karyawan memiliki minat di bidang elektronik misalnya maka dia bisa membuka usaha servis barang-barang elektronik seperti TV, VCD, kulkas, mesin pompa air dan sebagainya. Atau ibu rumah tangga punya minat di bidang kuliner atau suka membuat penganan atau kue maka bisa mencoba membuka usaha catering atau jualan nasi bungkus dan sebagainya. Selalu ingatlah bahwa jangan pernah melakukan usaha sampingan di rumah dengan tanpa dasar minat, keahlian atau pengalaman yg dimiliki karena hal itu akan berakhir dengan kegagalan semata.

  • Bagaimana memulai bisnis kecil tersebut? Mudah saja kok, mulai saja dengan membuat sesuatu yg kecil lebih dulu. Seperti contoh, ibu rumah tangga mau buka warung nasi di depan rumah maka dia dapat melakukan dengan mulai menabung untuk modal beli peralatan usaha warung makan seperti beli piring, gelas, dan seterusnya. Menabung memang butuh waktu lama, namun jika ada kemauan untuk segera membuka usaha warung maka salah satu jalan yg dapat di tempuh adalah dengan modal pinjaman tapi harus sudah dipastikan bahwa pinjaman tersebut harus dapat dikembalikan sesuai perjanjian dengan pemilik modal.

  • Kapan sebaiknya berbisnis rumahan sendiri? Segera setelah Anda merasa siap maka kapan pun waktunya akan Okay saja. Yang paling penting adalah kita dapat memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya di rumah sehingga dapat menghasilkan uang tambahan. Masalah pengaturan waktu, itu dapat disesuaikan sambil berjalan saja. Karena kalau terlalu banyak berpikir tanpa langsung bertindak maka itu juga kurang baik. Segera ambil secepat mugkin untuk memulai usaha rumahan yang menghasilkan itu jika telah menemukan bisnis usaha baru paling cocok buat dikerjakan di rumah.

Contoh Usaha Kecil-kecilan Yang Menguntungkan


contoh cara menghasilkan uang dengan usaha kecil kecilan menguntungkan

Nah, untuk sekarang kami akan memberikan beberapa contoh usaha kecil yang dapat dilakukan di rumah, berikut adalah daftarnya:
  • Usaha Buka Warung Kopi, cara menghasilkan uang dengan jualan kopi panas memang sangat menguntungkan dan cocok dikerjakan jika lokasi rumah Anda berada di lokasi strategis. Seperti misal lokasi rumah dekat dengan daerah pabrik, perkantoran, terminal atau fasilitas umum lainnya.

  • Usaha Foto Copy ialah salah satu contoh bisnis yang menguntungkan jika posisi rumah dekat dengan daerah perkantoran, perguruan tinggi atau sekolah. Atau jika memang tidak berada di lokasi-lokasi tersebut maka jika radius 1 kilometer dari rumah tidak ada usaha jasa foto copy maka kita bisa mencoba mencari uang dengan menekuni bisnis tersebut.

  • Usaha Jualan Pulsa, memang terkenal sebagai usaha tanpa modal yang gampang dikerjakan namun sebaiknya jangan menjalankan bisnis ini karena memang saingan sudah terlalu banyak dan keuntungannya pun tidak seberapa besar. Lebih menguntungkan buka jasa servis HP jika memiliki keahlian di bidang tersebut.

  • Usaha Gorengan merupakan salah contoh usaha sampingan tanpa modal yg besar dan dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga di rumah. Modalnya tidak besar tapi jika ditekuni maka hasilnya pun akan mampu menambah pemasukan uang sehari-hari.

  • Usaha Waralaba makanan kecil adalah salah satu peluang usaha tanpa modal besar dan sedang digemari orang saat ini. Modalnya pun bervariasi mulai jutaan sampai ratusan juta bahkan miliaran jika untuk waralaba kelas atas. Tapi bila memiliki modal pas-pasan, maka sebaiknya memilih waralaba yg sesuai dengan kemampuan. Banyak sekali jenis waralaba yang modalnya mulai dari 3 jutaan.
Sebenarnya masih banyak informasi usaha kecil yg dapat dilakukan di rumah. Kunci untuk menemukan usaha apa yang modalnya kecil seperti itu adalah kejelian dan kretivitas saja. Jeli dalam melihat peluang usaha rumahan yang menghasilkan dan memiliki keunggulan dalam hal berbisnis. Ini adalah dasar utama agar usaha kecil-kecilan di rumah dapat berjalan dan bertahan menghadapi tantangan atau persaingan.

Dan sebagai seorang wirausahawan di rumah, maka setiap orang butuh keuletan dan kerja keras meskipun usaha rumahan yang menghasilkan tersebut bersifat kecil karena tanpa kerja yg keras serta kegigihan maka akan sia-sia peluang bisnis rumah yang dijalani.