Contoh Bisnis Online Paling Menguntungkan Untuk Pemula


Banyak orang saat ini sangat antusias untuk mencari sebuah usaha sampingan modal kecil di rumah, mungkin salah satunya adalah Anda yang sekarang sedang membaca artikel ini. Mereka biasanya ingin mendapatkan uang dengan cara menjalankan bisnis kecil-kecilan di rumah tujuannya agar dapat menambah penghasilan sampingan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Dan, salah satu jenis usaha paling diminati sekarang adalah bagaimana caranya mencari uang di internet, mengingat adanya kabar bahwa sudah banyak orang mendapatkan kesuksesan dari bisnis online lewat media di internet.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengupas secara sepintas, apa saja bisnis online yang biasa menghasilkan uang buat pelakunya dan tak kalah pentingnya ialah bagaimana memilih contoh bisnis online yang menguntungkan yang dapat dikerjakan dengan modal kecil. Yuk, baca terus artikel bisnis ini seterusnya.

bisnis online yang menguntungkan untuk pemula

Jenis Bisnis Online Yang Menguntungkan Untuk Pemula, Modal Kecil Dan Mudah Dijalankan

  1. Bikin Blog (website) Pribadi (pelakunya biasa disebut dengan Blogger) adalah salah satu cara paling umum dan banyak diminati oleh hampir semua pemula ketika belajar mencari uang di internet. Blog adalah sebuah wahana atau tempat mencurahkan ide (gagasan), pendapat atau analisis pribadi terhadap sebuah isu tertentu. Semua orang dapat membikin blog pribadinya, mau ditulis dengan topik pilihan apa saja tidak masalah, yang paling penting tulisannya tersebut dapat memberikan manfaat (tidak menyinggung SARA) untuk pembaca atau pengguna internet yg kebetulan mencari informasi seperti yang mereka inginkan. Ada teknik atau cara tertentu yang wajib dilakukan jika Anda ingin terjun di dunia blogging ini seperti misalnya bagaimana membuat artikel yang berguna untuk orang lain, cara memilih tampilan (template/theme) blog yang bagus itu seharusnya bagaimana sampai kepada bagaimana cara memanfaatkan blog tersebut untuk dipakai sebagai alat mencari uang. Paid to Rewiew dan bisnis afiliasi adalah beberapa jenis bisnis online yang biasanya dipakai orang untuk mencari uang lewat blog mereka.
  2. Contoh bisnis online yang menguntungkan berikutnya ialah jualan barang lewat internet melalui online shop atau toko online. Meskipun membuat toko online tidaklah mudah karena butuh juga melibatkan kemampuan atau skills tertentu dan itu bukanlah “area” para pemula, namun bukan berarti seorang newbie tak dapat melakukan jualan di internet. Para pemula dapat memanfaatkan jasa toko online gratis seperti Kaskus, BukaLapak.com, Olx.co.id, Jejualan.com dan sebagainya sebagai tempat menawarkan barang atau produk yg mau dijual secara online. Jangan kuartir, layanan toko online seperti itu adalah bebas biaya alias gratis. Para pedagang hanya butuh mencari barang yang bagus dan kemudian menawarkan barang tersebut di toko online tertentu sesuai dengan keperluan masing-masing. [baca pula: mahasiswa sukses menjalankan usaha kecilnya].
  3. Umumnya orang yang suka membaca memiliki kemungkinan besar untuk dapat membuat sebuah tulisan atau artikel. Nah, jika Anda adalah termasuk salah seorang individu dengan hobi seperti ini maka apa salahnya memanfaatkan kegemaran tersebut dikonversikan menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan dengan cara menjadi penulis. Kerja sebagai penulis artikel juga bisa dikategorikan sebagai sebuah jenis peluang bisnis online yang menguntungkan karena dapat dijadikan usaha menghasilkan uang di waktu senggang. Agar karya tulisan laku dijual maka mulailah belajar bagaimana membuat sebuah artikel menarik dan dibutuhkan orang banyak. Bergabunglah di forum online seperti Ads.id, Kaskus dan lainnya untuk sekedar mencari informasi peluang menjual karya tulisan yang dibuat.
  4. Bisnis online yang menguntungkan lainnya seperti menekuni usaha dropship juga sangat direkomendasikan buat para pemula. Dalam jenis usaha kecil ini, kita tak perlu memilki modal besar karena pekerjaan yang dilakukan hanyalah melakukan promosi sebuah produk melalui internet atau menawarkan langsung ke orang lain dan jika mereka membeli maka tinggal menghubungi pemilik barang untuk order sesuai dengan permintaan.

Tips Untuk Pemula Yang Ingin Terjun Di Dunia Bisnis Online

Dari 10 orang pemula yang memulai bisnis secara online, maka hanya 2 orang saja yang mampu meneruskan bisnis kecil mereka di internet setelah melewati masa 2 tahun. 80% orang gagal menghasilkan uang dari internet di tahun pertama dan kedua, sehingga memutuskan mencari jenis usaha lainnya. Penyebab mundurnya para pemula itu bermacam, diantarnya adalah seperti berikut.
  • Tidak mendapatkan informasi yang benar tentang bagaimana memilih dan memulai bisnis online yang menguntungkan. Banyak sekali informasi seputar bisnis di internet dengan modal kecil namun tidak semuanya benar-benar menguntungkan, alih-alih menghasilkan uang seperti yang diharapkan tapi kenyataannya malah tertipu. Oleh karena itu, pelajari dan telitilah lebih dulu dengan seksama, jenis bisnis yang ingin ditekuni untuk menghindari upaya penipuan pihak lain.
  • Tidak sabar adalah "penyakit" kedua yang biasanya diderita oleh para pemula ketika menjalankan bisnis mereka di internet. Tak sabar menunggu hasilnya sehingga mereka gagal mengikuti proses pembelajaran yang sudah digariskan atau menjadi ketentuan bisnis online pada umumnya. Setahu saya, jika dalam 1 – 2 tahun belum juga menghasilkan uang, walau uang receh, maka harus dicari tahu apa penyebab dari kegagalan tersebut. Jangan lantas memutuskan langsung berhenti untuk terus belajar, karena sebenarnya tidak ada ilmu pasti (jaminan) bahwa dalam kurun waktu tertentu usaha online kita akan berhasil.
  • Tidak fokus terhadap salah satu jenis usaha online adalah penyebab juga mengapa bisnis sampingan di internet tidak menghasilkan. Mudah berubah haluan dari satu jenis bisnis ke jenis bisnis lainnya sebaiknya dihindari, tujuannya adalah supaya para pemula lebih dulu menguasai 1 ilmu dan terbukti menghasilkan sehingga dapat mengembangkannya lagi di waktu berikutnya agar pendapatan bisa menjadi lebih besar. Fokuslah lebih dulu di satu jenis usaha, pelajari dan tekuni dengan kerja keras maka pasti itu akan sangat berguna dan menghasilkan suatu saat kelak.
Nah, masih terus berminat mencari jenis bisnis online yang menguntungkan? Maka, lakukanlah sekarang, saat ini juga dan jangan pernah menundanya karena lebih cepat belajarnya maka akan lebih cepat pula menghasilkan uangnya. Selamat berbisnis!