Ibu Rumah Tangga Sukses Jalankan Usaha Modal 500 Ribu


Bisnis sampingan di rumah bisa dimulai dari hobi, ini adalah salah satu cara terbaik dan menguntungkan buat merintis bisnis. Usaha sampingan dengan modal 500 ribu tersebut paling tidak telah dibuktikan kebenarannya oleh seorang ibu rumah tangga yang gemar membuat dan memodifikasi aksesoris untuk wanita, dia adalah Anita Wattimena. Meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan dengan usaha yang dijalaninya sekarang namun oleh karena kegemaran dan ketertarikannya terhadap dunia modis terutama aksesoris wanita maka secara otodidak dia mencari dan mengasah ketrampilannya di bidang fashion ini. Walaupun kompetisi atau tingkat persaingan usaha di bidang fashion terutama aksesoris wanita sangat ketat namun Anita yakin dengan modal kreativitas dan ketekunan maka bisnis ini tak akan ada matinya untuk jangka waktu lama.

Awal Usaha Sampingan Dengan Modal 500 Ribu Yang Dijalani Anita Wattimena

Anita mengembangkan usaha sampingan di rumah sebenarnya sudah dimulainya sejak 18 tahun lalu dan itu diawali dengan keisengannya memodifikasi bermacam aksesoris miliknya mulai dari kalung, bros, gelang dan cincin. Kebiasaan memodifikasi itulah yang lambat laun membentuk kebiasaan barunya karena dia sangat menyukainya dan bisa dikerjakan di waktu senggang. Hasil kreasi aksesoris hasil kreasinya ternyata sangat disukai oleh teman-temannya sehingga mereka mulai tertarik dan memesan aksesoris unik kepada Anita.

usaha sampingan dengan modal 500 ribu
Seiring berjalannya waktu, dengan melihat peminat aksesoris wanita yang sangat besar dimana itu berarti pasar yang cukup menjanjikan maka lalu Anita mencoba lebih serius menekuni pembuatan aksesoris dengan modal awal 500 ribu. Modal itu dipakainya untuk pembelian bahan seperti kain, kawat, batu alam dan semacamnya. Jangan dikira bahwa usaha rumahan ini tidak menguntungkan karena hasil ketekunan dan kerja keras dapat merubah modal 500 ribu itu bisa menghasilkan omzet penjualan sampai puluhan juta per bulannya. Sangat menjanjikan, bukan?

Aksesoris buatan Anita memiliki daya jual tinggi dan produk unggulan yang diproduksinya sendiri (tanpa bantuan karyawan) adalah bros dwifungsi dengan kegunaan buat aksesoris jilbab dan dapat juga dipakai buat kalung. Harga bros semacam ini bisa sampai 95 ribu per biji. Selain itu dia juga memproduksi kalung batu alam, bandana untuk bayi, cincin, gelang batu alam dengan harga rata-rata setiap produknya berkisar mulai 20 ribu sampai 350 ribu.

Sampai sekarang Anita masih menangani bisnis sampingan di rumah secara sendiri mulai dari pengadaan bahan, pembuatan sampai penjualannya. Namun biasanya permintaan produk akan mengalami kenaikan sampai 200% menjelang hari besar seperti Lebaran maupun Natalan. Jika mendekati waktu seperti itu maka dia akan dibantu oleh anak-anaknya yang siap memberikan dukungan tenaga. Penjualan aksesorisnya sudah menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Lampung, Kalimantan, Cirebon, Surabaya hingga manca negara seperti ke Hong Kong. Pemasaran sampai ke seluruh Indonesia dan luar negeri tersebut bisa terjadi karena Anita memakai media online untuk sarana pemasarannya seperti lewat FB, blog dan iklan gratis lainnya, jadi praktis biaya pemasarannya sangat murah namun efektif menjaring pelanggan baru.

Selain lewat media online, Anita juga sering mengikuti pameran-pameran yang diadakan oleh pemerintah daerah seperti PRJ. Dan biasanya, lewat pameran seperti itu omzetnya bisa didongkrak sampai mencapai 10 juta setiap kali pameran. Tapi, oleh karena biaya pemasaran lewat pameran yang tinggi membuat dia harus bekerja sama dengan temannya untuk meringankan biaya sewa stan yang tinggi.

Jika Anda ingin mencoba usaha sampingan dengan modal 500 ribu seperti yang dijalani oleh Anita ini maka sebaiknya mulai belajar membuat pernak-pernik aksesoris. Modal keahlian wirausaha itu bisa diperoleh dengan mengikuti kursus-kursus atau belajar dari buku dan bisa juga lewat internet. Memberikan produk unik dan layanan purna jual seperti servis gratis bila ada aksesoris yang rusak ketika telah dipakai konsumen merupakan salah satu cara untuk membuat konsumen tetap minat terhadap produk kreasi Anda. Informasi lengkap Anita Asesoris di Jl. Durian V blok 8 No. 4 KPAD Sukamaju Tapos Depok.