3 Cerita Sukses Menekuni Usaha Sampingan Modal Kecil


Apa Anda saat ini sedang bingung cari usaha modal kecil buat sampingan di rumah? Sudah punya modal meskipun kecil, tapi jika punya kemampuan berkreasi membuat produk kerajinan tangan maka modal itu sudah dapat dijual dan bisa menguntungkan. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi cerita sukses usaha sampingan modal kecil yang bergerak di bisnis kerajinan tangan.

Mengapa mambahas bisnis kecil seperti kerajinan tangan? Selain keunikannya, usaha modal kecil rumahan (home made business) mempunyai nilai seni tinggi dibanding produk hasil buatan pabrik. Karena keunikan itulah maka produk seperti ini selalu memiliki konsumen tersendiri dan jumlah makin banyak setiap hari.

Membuat Usaha Sampingan Modal Kecil Dengan Menciptakan Aksesoris Hijab dan Souvenir Pernikahan Unik

Oleh karena ingin membuka lapangan kerja untuk orang lain sekaligus dapat mengurangi angka pengangguran di daerahnya, maka Anton Firmansyah dibantu istrinya mencoba usaha aksesoris. Usaha kerajinan tangan dengan membuat aksesoris pun ditekuninya sejak awal tahun 2014 sampai saat ini.

Ceritanya, modal awal buat bisnis kerajinan tangan tersebut tidak terlalu besar, hanya 100 ribu sebagai modal buat membeli alat kerja dan bahan baku untuk mermbuat produk kerajinan tangan unik. Meskipun dimulai dengan modal kecil, tapi berkat ketekunan dan kerja keras maka saat ini usaha membuat souvenir dan aksesoris hijab itu berpeluang menghasilkan untung berkisar 1 s/d 3 juta per bulan.
usaha sampingan modal kecil cerita sukses

Anton awalnya menjual produk hasil kerajinan tangannya kepada temannya di kantor sambil tetap melihat kondisi pasar di sekitar. Ternyata rspon teman-temannya sangat baik. Menjual dengan harga murah merupakan salah satu kunci sukses usaha modal kecilnya hingga menarik temannya untuk membeli atau memesannya.

Usaha kecil unik membuat souvenir pernikahan dan aksesoris hijab itu adalah bisnis sampingan Anton di rumah. Bisnis kecil rumahan itu dikerjakan hanya saat waktu senggang setelah pulang kerja sebagai karyawan.

Di paragraf pertama cerita, sudah disebutkan bahwa bisnis kerajinan tangan itu dirintis karena keinginan Anton untuk mempunyai usaha sendiri di rumah sebagai modal untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarganya dan membuka lapangan kerja buat orang di sekitar rumahnya. Selain itu, dia termotivasi oleh bakat istrinya yg terampil membuat aneka jenis kerajinan tangan unik dan menarik.

Sampai saat ini, hasil produk bisnis rumahannya antara lain aksesoris hijab, souvenir pernikahan dan aneka jenis produk unik kerajinan tangan lainnya. Salah satu modal sukses usaha kecil rumahan Anton mampu bertahan dan berkembang adalah penentuan harga jual cukup murah yaitu antara 1500 sampai 100 ribu. Dan saat ini, bisnis rumahan ini mampu mempekerjakan seorang karyawan dengan kemampuan membuat 10 jenis kerajinan tangan dalam sehari.

Untuk mendapatkan bahan baku, Anton tak kesulitan memperolehnya. Bahan baku kain flannel dan pita bisa dengan mudah dibeli dari toko konveksi. Peluang usaha modal kecil ini akan tetap punya prospek bagus sepanjang mampu mempertahankan kualitas produknya. Dengan memakai bahan bagus maka produk yg dihasilkan pun akan memiliki kualitas bagus juga.

Hasil bisnis rumahan itu makin berkembang sesuai harapannya. Produk kerajinan tangan itu mulai dikenal konsumen di kota-kota seperti Purwakarta, Pekalongan dan Bandung. Melihat perkembangan bisnis modal kecil itu, dia mengharapkan hasil produksinya lebih dikenal secara luas oleh konsumen di seluruh Indonesia hingga akan memberikan peluang untung lebih besar buat keluarga dan karyawan.

Selama menekuni usaha sampingan modal kecil itu, Anton harus mengatasi beberapa masalah yg ada. Antara lain kesulitan mendapatkan karyawan dengan keahlian membuat kerajinan tangan. Tapi dia menemukan cara mengatasinya, yaitu ide untuk membuka kursus kerajinan tangan gratis utk siapa saja.

Cerita Sukses Usaha Kerajinan Sarung Bantal Unik

Nofita Astuti, seorang ibu rumah tangga (36 tahun) ingin mengganti sarung bantal anaknya yg usang. Namun, ibu rumah tangga ini (biasa dipanggil Nofita) malah ingin mencoba menjajaki peluang bisnis di rumah. Hal itu berawal dari sang anak yg senang dengan sarung bantal bergambar (bertuliskan) namanya. Dengan modal 100 ribu, Nofita akhirnya mencoba berbisnis dengan membuat usaha produksi sarung bantal unik.

Ternyata bisnis rumahan modal kecil dengan membuat sarung bantal unik banyak disukai konsumen. Alhasil, bisnis kecil dengan modal uang 100 ribu itu sekarang berpeluang menghasilkan untung rata- rata 10 juta per bulan. Selain produk sarung bantal, ibu rumah tangga kreatif ini juga membuat jenis produk unik lain seperti mukena anak , handuk nama, baby and kids bedding set, goodie bag blacu, laundry bag waterproof, pasport cover dll. Nofita memakai nama Kreasikadonama buat merek produk yg dipasarkan. Dimana setiap jenisnya dipasarkan dengan harga antara 26 ribu s/d 750 ribu per produknya.
bantal lucu

Tak perlu waktu lama, Nofita bisa mempromosikan bisnis rumahan kecil ini ke pasar secara luas. Saat ini, ibu rumah tangga ini telah mampu menggaji 2 karyawan dan kini mempunyai sebuah butik sebagai modal tempat membuka bisnis. Saat ini dalam sehari, rumah butiknya mampu menghasilkan poduksi seperti bantal nama sebanyak 5 buah, goodie bag blacu 15 buah, handuk nama 10 buah handuk yang unik. Produk bisnis rumahan tsb telah mencapai pulau-pulau besar di Indonesia seperti Jawa, Kaliamantan, NTB dan bahkan ekspor ke Singapura dan Malaysia. Sedangkan untuk membeli bahan baku seperti kain katun, benang jahit, benang bordir dan kapas berperekat, Nofita mencarinya dari Yogyakarta dan Jakarta.

Karyawan (sumber daya manusia) adalah salah satu modal tapi sekaligus juga kendala terbesar yg harus dihadapi dalam menjalankan bisnis rumahan menguntungkan ini. Tapi dia tak mudah menyerah dengan kendala tersebut. Cara mengatasinya ialah dengan jalan memberikan bimbingan dan pelatihan secara intensif untuk semua karyawannya. Untuk pebisnis kecil rumahan yang sukses ini, kesejahteraan para karyawan adalah tanggung jawab utama yg perlu diperhatikan dan dia sangat serius memperhatikan hal itu agar karyawan yg telah terlatih tak mencari peluang bisnis kecil lainnya. Nofita punya pesan penting buat semua pemula bahwa modal utama memulai sebuah bisnis adalah ketekunan, selalu kerja keras, berani mencoba dan fokus ke tujuan yg mau dicapai.

Sukses Bisnis Kerajinan Tangan Mahasiswa

Dengan modal hobi membuat kerajinan tangan, membuat Alfiyatus Sholechah 21 tahun tertarik terjun menekuni bisnis rumahan kreatif untuk sampingan. Mulanya, dia iseng membuat souvenir sebab hobi semata. Namun, saat mempromosikan hasil kerajinan tangannya ke internet, ternyata mendapat tanggapan tidak kecil dari orang banyak juga teman-temannya tertarik buat membelinya.

Secara bertahap, bisnis kerajinan tangan rumahannya mulai banyak diminati pelanggan, meskipun saat ini dia hanya melayani pembuatan produk berdasarkan pesanan. Caranya, dia hanya buat beberapa jenis produk, jika ada yg tertarik dan memesan, maka baru kemudian dia membuat sesuai jumlah yang dipesan.

sal handmade
Usaha sampingan modal kecil berdasarkan hobi itu dikerjakan sebab terinspirasi dosen dan petugas perpustakaan di kampus yg mengajarinya. Mereka adalah orang dgn hobi sama dengannya, membuat aneka jenis souvenir. Sekarang, dia bisa membuat bermacam jenis kerajinan tangan unik yang memiliki nilai jual tinggi, seperti  bros, boneka wedding dan boneka wisuda, gantungan kunci dengan bahan utama terbuat dari bahan flanel. Hasil bisnis sampingan kerajinan tangan unik itu amat menguntungkan menurut ukuran mahasiswa seperti dirinya sebab dapat menghasilkan pemasukan rata-rata 1,5 juta / bulan.

Karena peluang bisnis ini masih luas, maka dia mencoba memasarkan lewat media sosial dan sistem MLM (mulut ke mulut) ke setiap orang di sekitarnya saja. Dia tetap memiliki impian besar bahwa peluang bisnis ini masih bisa lebih menguntungkan jika dikelola dengan benar. Impiannya ialah memiliki kios khusus buat menjual aneka jenis kerajinan tangan hasil karyanya dgn modal dari kerja kerasnya.

Masalah utama saat menjalankan usaha kecil ini adalah kesulitan memperoleh bahan baku dengan kualitas terbaik. Untuk mengatasinya, ia lakukan survei ke took-toko penjual bahan baku kerajian buat perbandingan.

Peluang usaha kerajinan tangan yg dijalankannya bisa terus berkembang dan memberi keuntungan buat orang yang membantu dalam proses produksi adalah kebahagiaan terbesar buatnya. Dia memiliki keyakinan bhw apapun jenis usaha sampingan modal kecil yang dijalankan, apakah bisnis karena hobi, pengalaman, keahlian atau lainnya, maka jika dikerjakan dengan kesungguhan, pantang menyerah plus kerja keras maka peluang untuk sukses pasti terbuka.