Bisnis Mudah Buat Mahasiswa Yang Menguntungkan


Kira-kira, apa peluang bisnis yang menguntungkan dan mudah dilakukan buat seorang mahasiswa di waktu senggang? Mungkin ini adalah pertanyaan klasik yang selalu menggelayut di setiap para mahasiswa di Indonesia, terutama mahasiswa dengan kondisi ekonomi orang tua kurang mampu untuk membiayai kuliah mereka. Buat kelompok mahasiswa seperti ini, maka satu-satunya jalan agar dapat menyelesaikan studi ialah dengan mencari usaha sampingan modal kecil yang menguntungkan.

Yah, paling tidak ada usaha buat mencari uang saku tambahan untuk mencukupi kebutuhan sendiri, syukur-syukur bisa biayai sendiri uang kuliah maka itu akan menjadi kebanggaan tersendiri baik buat si mahasiswa maupun orang tua mereka. Namun, usaha apa yang menguntungkan itu? Bisakah dengan cepat mendapatkan keuntungan saat menjalankannya dan butuh modal berapa?

Apa Jenis Bisnis Yang Menguntungkan dan Langsung Bisa Dapat Duit?

Menurut hemat saya, salah satu jenis peluang usaha sampingan menguntungkan yang sesuai dengan kondisi mahasiswa saat ini adalah memanfaakan internet sebagai salah satu cara terbaik mendapatkan penghasilan sampingan yang diinginkan. Seperti dimaklumi bersama dan fakta ini juga telah dibuktikan oleh banyak orang yang sudah sukses di bisnis online maka internet adalah sumbangan teknologi terbesar dalam kehidupan manusia yang memberi manfaat tak terbatas buat penggunanya.

Kenapa tidak mulai mencoba belajar bagaimana cara memanfaatkan internet sebagai sumber mendapatkan uang yang mudah? Jangan biarkan waktu berlalu seperti angin tanpa usaha kita untuk mulai belajar bagaimana mendapatkan uang dari internet.

Ada beberapa jenis peluang bisnis di internet yang bisa dipelajari secara langsung misal saja bisnis dropship, bisnis afiliasi, jual beli online, jadi penulis artikel dan sebagainya. Memang tak mudah untuk bisa menguasai sebuah jenis usaha di internet dengan cepat, butuh waktu dan kesabaran agar menjadi mampu dan ahli di bidang tersebut. Tapi pada dasarnya, tak ada sesuatupun yang tak dapat dipelajari, bukan? Apalagi pembaca adalah mahasiswa, memiliki tingkat intelektualitas lebih baik daripada hanya lulusan SMU atau orang awam pada umumnya, bukan?

Bisnis Yang Menguntungkan buat mahasiswa

Salah satu jenis bisnis dengan modal kecil seperti disebutkan di atas maka menjadi penulis adalah satu-satunya peluang usaha sampingan menguntungkan dengan modal yang tidak besar dan bisa langsung atau cepat menghasilkan uang yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Modal utamanya adalah kemampuan membuat artikel dengan topik sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pemesan artikel.

Artikel bisa berbentuk analisis, panduan, berita dan sebagainya. Dengan topik yang beragam mulai dari topik kesehatan, dunia bisnis online maupun bisnis populer, teknologi terutama menyangkut perkembangan gadget sampai jadi penulis dengan topik resep masakan pun akan dihargai orang.

Pada umumnya, artikel dalam bahasa asing seperti Inggris memiliki nilai jual lebih tinggi daripada bahasa Indonesia namun bukan berarti bahwa penulis artikel bahasa Indonesia tidak dapat menghasilkan uang sama sekali, karena artikel dengan topik tertentu yang memakai bahasa Indonesia bisa pula dijual mahal seperti topik bisnis atau gadget sepanjang tulisannya bagus, informatif dan bukan hasil jiplakan membabi buta dari penulis lain.

Cara Menjadi Penulis Artikel

JIka pembaca tertarik untuk menjadi penulis maka bisa langsung mempelajari cara menjadi penulis yang baik. Untuk diketahui saja, pasar atau pencari penulis artikel di internet adalah mereka para pemilik blog yang tidak memiliki cukup waktu untuk memutahirkan (update) blog mereka secara rutin. Pemilik blog seperti ini sangat banyak di Indonesia dan topik blog mereka pun beragam.

Mereka mau membayar para penulis sesuai topik yang mereka tentukan dengan sejumlah uang tertentu, semakin panjang sebuah artikel maka harganya pun makin mahal. Ini berlaku untuk artikel baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Rata-rata harga artikel dihitung dengan jumlah kata, misalnya 400 kata dihargai 6000 rupiah, 500 kata dibayar 7000 rupiah dan seterusnya.

Jadi jika dalam sehari, Anda yang mahasiswa mampu membuat 10 artikel per hari maka paling tidak sudah dapat 60 ribu dan jika dikalikan 25 hari kerja maka pasti ada 1,5 juta di dompet, bener ga? Tentu bisnis kecil seperti ini sangat menguntungkan dan resiko gagal hampir tidak ada, lumayan bisa buat bayar kos-kosan atau bayar uang kuliah.

Jadi silahkan saja, mulai belajar bagaimana menjadi seorang penulis artikel yang baik, pelajari dan ketahui jenis artikel seperti apa yang laku dijual. Untuk memperluas pergaulan dan cara memasarkan jasa penulis artikel maka sebaiknya mulai saat ini mulai gabung ke forum-forum yang berhubungan dengan bisnis online karena di situlah berkumpul para pencari jasa penulis artikel. Pakailah waktu luang dengan bijaksana dan sebisa mungkin mulai belajar mencari uang sendiri dengan menjalankan sebuah bisnis yang menguntungkan seperti menjadi seorang penulis profesional walau masih menyandang status sebagai mahasiswa.