Cara Memilih Usaha Sampingan Buat Karyawan


Tips Memilih & Menjalankan Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

Ingin usaha sampingan tapi tak tahu harus mulai darimana? Apakah Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa atau pelajar yang berniat menghasilkan uang sambil bekerja di rumah atau kala waktu senggang? Tak punya modal atau punya modal tapi ragu-ragu mau usaha apa yang bisa dijalankan sebagai sampingan sehingga bisa menguntungkan buat menambah pemasukan sehari-hari?

Jika jawaban semua pertanyaan tersebut adalah YA, maka itu artinya pembaca adalah orang yang sangat bertanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan hidup atau seseorang yang termasuk dalam golongan ingin meningkatkan taraf ekonomi lebih baik di masa depan. Anda tidak sendirian, karena saat ini semakin banyak orang berusaha mencari suatu usaha kecil, mudah dikerjakan, bisnis dengan modal kecil, namun bisa dilakukan di waktu senggang dan tentu nantinya mendapatkan untung dari usaha tersebut.

Dalam kesempatan saat ini, sengaja kami tidak menyajika secara detil jenis usaha apa yang menguntungkan namun penulis hanya ingin berbagi tips supaya pembaca dapat menemukan sebuah bisnis yang sesuai dengan harapan saudara. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis bisnis sampingan di rumah yang dapat dijalankan oleh seorang karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, maupun pensiunan, tapi karena kekurangan informasi, takut memulai, takut gagal, tidak tahu mau mulai dari mana dan sebagainya merupakan penghambat utama untuk seorang pebisnis pemula.

3 Kunci Utama Menentukan Sebuah Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

usaha sampingan yang menguntungkan

1. Ketahui “Apakah kita memiliki minat tertentu?”. Minat seperti sebuah kekuatan yang akan menentukan apakah usaha yang hendak dan sedang dijalankan akan menghasilkan keuntungan yang seperti diinginkan atau tidak. Contoh sederhananya ialah seorang anak dengan bakat melukis akan sangat antusias ketika disuruh menggambar model rumah tinggalnya saat ini, sekuat tenaga dengan mengerahkan segala kemampuannya dia akan membuat sebuah gambar rumahnya agar nampak indah dan bagus. Tentu sudah bisa diduga bahwa memang benar hasilnya akan bagus karena memang dia memiliki minat dalam hal melukis. Hasil sangat berbeda akan didapatkan, saat kita menyuruh seorang anak lain untuk melakukan tugas sama dimana anak kedua ini tak ada minat sama sekali dengan seni lukis. Dia berminat dalam pelajaran menghapal atau perhitungan eksak maka tentu gambar yang dihasilkannya tidak akan melebihi hasil dari anak pertama dalam segi artisitiknya. Dari contoh kecil ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sama seperti memilih suatu usaha kecil yang menguntungkan di rumah maka sebaiknya selidiki lebih dulu, sebenarnya minat kita dalam hal apa. Cari, temukan dan jalankan sebuah usaha di rumah di waktu senggang yang sesuai dengan minat Anda. Jika seorang karyawan yang suka memelihara hewan maka usaha ternak kambing, usaha ternak ikan atau bisnis jual beli burung kicau bisa menjadi pertimbangan untuk dikerjakan di rumah.

2. Bila ingin menekuni sebuah usaha sampingan yang menguntungkan maka perhatikan pula tentang hal kemampuan atau keahlian kita. Misalnya saja bila memiliki minat memelihara binatang di rumah atau suka memelihara hewan dan ingin berbisnis ternak ikan lele atau kambing tapi tak memiliki kemampuan dalam hal berternak maka tak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara memelihara hewan ternak yang menguntungkan tersebut. Memang membutuhkan waktu untuk meningkatkan keahlian atau pengetahuan namun karena pada dasarnya ada minat dalam tersebut maka yakinlah bahwa tak akan perlu waktu lama kita pasti sudah dapat menguasai sebuah keahlian dalam bidang tertentu.

3. Kerja keras adalah kunci utama terakhir dalam bisnis apapun. Berhasil tidaknya sebuah usaha walau skala rumahan terletak pada kerja keras. Minat dan keahlian dapat menghasilkan sebuah keuntungan besar saat menjalankan bisnis di rumah tapi jika tidak ada kerja keras yang diwujudkan dalam ketekunan bekerja maka hasilnya tidak akan maksimal. Kerja keras memiliki arti tidak malas, tidak takut gagal, selalu melakukan yang terbaik dan telaten atau ulet walaupun ada banyak tantangan saat menjalani bisnis sampingan itu. Minat dan keahlian bisa diasah namun kerja keras sangat berhubungan dengan kepribadian seseorang. Oleh karena itulah, banyak sekali para pemula yang terjun menekuni sebuah usaha sampingan yang menguntungkan di rumah namun beberapa tahun kemudian hanya ada beberapa saja yang masih bertahan menjalani bisnis rumahan tersebut. Semua orang bisa mencoba berbisnis di rumah tapi tidak semuanya bisa menjadi pengusaha “sukses” walau hanya sekedar menjadi wirausahawan rumahan dengan modal kecil.