Peluang Usaha Makanan Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga


Peluang usaha waralaba makanan dengan modal kecil adalah sebuah peluang yg semakin banyak dicari orang terutama ibu rumah tangga pada saat ini. Tak hanya karena usaha rumahan seperti waralaba makanan tidak terlalu membutuhkan modal besar namun peluang bisnis modal kecil menguntungkan ini dapat juga dijadikan investasi jangka panjang.

Peluang usaha rumahan ibu rumah tangga seperti franchise makanan dengan modal kecil adalah satu dari sekian banyak macam atau jenis bisnis kecil yg dapat ibu rumah tangga kerjakan sendiri dari rumah sendiri.

Buat seorang wanita yg mau membangun rumah tangga dan berkemauan untuk mengisi waktu luang selama di rumah maka disarankan mulai saat ini mulai mencari ide bisnis rumahan kreatif sesuai dengan minat, ketrampilan dan modal agar bisa memperkuat keuangan keluarga di masa depan. Carilah dan pilihlah bisnis kecil tapi menguntungkan, bisa dikerjakan di rumah atau tidak terlalu menyita banyak waktu. Pemilihan macam bisnis yg ingin ditekuni menjadi amat penting dan sangat menentukan, apalagi jika ibu rumah tangga adalah seorang pemula dan belum pernah menjalankan usaha rumahan sendiri sebelumnya. Dalam tulisan kali ini, kami ingin berbagi informasi beberapa macam trend bisnis franchise makanan di Indonesia, modal kecil namun potensi keuntungan lumayan besar.
  • Buka Usaha Minuman Kopi Menguntungkan. Jangan meremehkan minuman kopi karena dari warung sederhana yang menyediakan aneka minuman kopi dengan bermacam rasa dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Minuman kopi hampir sama populernya dengan minuman teh, banyak orang gemar mengkonsumsinya dan menjadikannya sebagai minuman favorit. Dari kenyataan seperti itu maka ada peluang atau kesempatan buka usaha sendiri dengan model warung kecil atau memakai booth di pusat belanja atau lokasi wisata dan sebagainya.
  • Usaha Asinan Buah. Bisnis asinan buah dapat dikategorikan sebagai usaha modal kecil menguntungkan yg membuka peluang kerja buat ibu rumah tangga di rumah. Di Indonesia, sangat mudah ditemukan bermacam buah-buahan yg dapat dijadikan asinan dan tersedia hampir sepanjang tahun. Dengan cara pengelolaan yg benar dan profesional maka usaha buah yang dijadikan tersebut akan sangat menguntungkan jika dikelola dengan serius. Untuk dapat bertahan terhadap ketatnya persaingan bisnis asinan buah, maka jalan satu-satunya adalah dengan menjaga kualitas produk dan mencari ide baru untuk membuat produk sejenis dengan cara berbeda atau unik.
  • Peluang Usaha Rumahan Es Krim Krispi. Es krim adalah salah satu macam minuman dengan penggemar yg tidak sedikit terutama dari kalangan anak-anak. Jajanan ringan untuk anak-anak ini memiliki potensi bisnis lumayan besar namun hanya membutuhkan modal kecil. Selain itu, usaha rumahan modal kecil tidak terlalu membutuhkan ketrampilan tingkat tinggi, bisa dipelajari cara pembuatannya seperti cara bikin es krim yang murah, mudah dan nikmat. Sebagai contoh, es krim Dung Dung adalah salah jenis es krim krispi tradisional yg masih digemari oleh anak-anak sampai saat ini.
  • Warung Makan Kecil Cocok Buat Ibu Rumah Tangga. Peluang usaha rumahan seperti warung makan adalah contoh bagus dan memiliki potensi menjanjikan apalagi jika memiliki lokasi jualan strategis seperti dekat kampus, sekolah atau perkantoran. Jadi bila seorang ibu rumah tangga memiliki keahlian memasak dan pintar bikin makanan lezat atau paling tidak standar (rasa makanan bisa diterima banyak orang) maka sebenarnya ibu rumah tangga seperti ini sangat cocok bila membuka bisnis modal kecil menguntungkan dengan menjual makanan di rumah atau membuka warung makan sekalian. Itu bisa dilakukan dengan cara buka warung makan kecil semacam Warteg. Dengan menu masakan sehari-hari yg sederhana dan murah tapi memiliki menu lengkap serta dijual dengan harga murah maka bisnis rumahan para ibu rumah tangga pun sudah dapat menghasilkan uang. Peluang ini akan membuat keuntungan ganda karena tidak harus mengeluarkan uang lagi untuk kebutuhan makan setiap hari buat keluarga.
    usaha rumahan ibu rumah tangga menguntungkan
  • Peluang Bisnis Keripik atau Makanan Kecil. Peluang usaha makanan ringan memiliki potensi yg bagus di setiap waktu karena konsumen makanan ini banyak peminatnya di Indonesia. Konsumen jenis makanan kecil atau cemilan berasal dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua sangat suka mengkonsumsi cemilan. Melihat potensi pasar yang besar tersebut maka dapat membuka peluang usaha rumahan baru jika para ibu rumah tangga mau menekuni bisnis tersebut.
  • Jualan Mie Ayam Memakai Gerobak. Mie ayam juga salah satu jenis makanan populer di Indonesia. Harga jualnya relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat telah membuka potensi pasar cukup besar dan luas yang dapat dimanfaatkan ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin mencari ide usaha rumahan dengan modal kecil.
  • Jual Makanan Sop Durian. Durian merupakan buah musiman yg juga sangat populer di Indonesia. Jika ibu rumah tangga mau menekuni bisnis rumahan modal kecil menguntungan dengan menjual sop durian maka sebaiknya memilih paket usaha yang menawarkan kerja sama dengan cara waralaba. Dengan cara waralaba maka ada keuntungan yg diperoleh saat menjalankan ide usaha tersebut, seperti misalnya pemilik franchisor telah menyediakan bahan baku buah durian asli dalam sepanjang tahun walaupun buah ini adalah jenis buah musiman. Jaminan ketersediaan stok durian untuk sop ini menjadi sangat penting sebab dari situlah bisnis makanan ringan ini bisa dijalankan. Jenis bisnis makanan unik ini belum banyak persaingannya, jadi silahkan menjajaki kemungkinan untuk membuka peluang usaha rumahan dengan jualan sop durian di rumah atau pusat perbelanjaan jika memiliki modal lebih besar.
  • Peluang Bisnis Martabak Mini. Jika di Jawa, makanan ringan ini lebih dikenal dengan nama kue terang bulan dan di daerah Jakarta sekitarnya, orang menyebutnya dengan martabak manis adalah salah satu makanan ringan tradisional dengan penggemar yg banyak pula. Perkembangan rasa martabak manis saat ini telah berkembang pesat, itu bisa dilihat dari makin banyaknya jenis topping martabak manis yg dijual walau masih tetap mempertahankan tepung terigu sebagai bahan utamanya. Ide jualan martabak manis dengan cara waralaba dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang ingin menjualnya namun belum atau tidak memiliki pengalaman dalam membuatnya.

Ide Bisnis di Rumah Dengan Modal Kecil selain Bisnis Makanan Yang Cocok Untuk Pemula

Jika Anda adalah ibu rumah tangga, karyawan, pelajar atau anak muda yg sedang mencari ide bisnis rumahan tanpa membutuhkan modal besar selain contoh jual makanan seperti dicontoh di atas, maka berikut ini adalah berbagai macam peluang usaha di internet yg dapat dipelajari dan dikerjakan di saat waktu senggang atau buat kerja sampingan.
peluang usaha rumahan

  1. Bikin atau membuat website atau blog pribadi (dimana pelakunya biasa disebut Blogger) adalah salah satu peluang atau ide bagus dan cara paling mudah mendapatkan uang di internet (bisnis online), Jenis usaha rumahan tanpa modal besar ini banyak diminati oleh hampir seluruh pemula saat mulai belajar mencari uang secara online. Blog ialah sebuah tempat atau sarana untuk menuangkan ide (gagasan) dengan cara seperti menulis berita, opini/pendapat, analisis suatu isu tertentu atau kejadian unik yg menarik. Tiap pemula yg ingin belajar mencari uang secara online tanpa perlu mengeluarkan modal besar, maka dapat belajar membuat blog atau web sendiri. Ingin menulis atau mengulas topik apa saja tidaklah menjadi soal, yg utama adalah tulisan atau hasil karya artikel tersebut bisa memberikan manfaat, punya nilai informatif, edukatif, tidak SARA untuk para pengguna internet. Ada berbagai macam teknik  atau cara penulisan yg harus dipatuhi atau wajib dilakukan bila Anda berkeinginan menekuni bisnis blogging ini. Misalnya, harus tahu tentang cara membuat artikel bermanfaat untuk pembaca (orang lain), cara memilih tampilan (theme/template) yg bagus buat blog tersebut sampai kepada cara memanfaatkan blog itu supaya bisa dipakai sebagai alat buat menghasilkan uang. Contoh atau jenis peluang bisnis seperti afiliasi, Paid to Rewiew, Pay Per Click dan periklanan merupakan beberapa macam peluang usaha di rumah dengan modal kecil yang biasanya ditekuni oleh pemula buat mendapatkan uang dari blog.
  2. Jenis peluang bisnis rumahan tanpa modal besar yg dapat dikerjakan secara online berikutnya adalah menjual barang di internet dengan membuat web online shop. Meskipun membuat toko online tidak mudah dan bukan pekerjaan yg mudah (sebab memerlukan kemampuan teknis atau skills tertentu) dimana hal tersebut bukan pekerjaan gampang buat pemula, namun tak berarti para pemula tak dapat menjual barang atau produk secara online. Seorang pemula bisa saja menggunakan jasa toko online gratisan, Olx[dot]co[dot]id adalah contoh toko online yg bisa dipakai sebagai sarana atau tempat menjual produk secara online lewat internet. Meskipun gratis namun dari segi keamanan bertransaksi jual beli sangat aman baik untuk penjual maupun pembeli, jadi dijamin tidak ada unsur penipuan karena setiap member (anggota) harus mematuhi persyaratan tertentu. Jika Anda mau menjual maka wajib memajang produk bersangkutan berupa foto besera keterangan seperluanya di toko online tersebut sesuai kebutuhan masing-masing.
  3. Pada umumnya, bila ada orang memiliki kegemaran atau suka membaca, pasti mereka paling tidak punya kemampuan membuat artikel atau tulisan tertentu sesuai minatnya. Jika saja pemula memiliki hobi seperti itu maka tak ada salahnya bila memanfaatkan hobi membacanya tersebut untuk dijadikan sebuah usaha yang dapat menghasilkan uang yaitu dengan cara jadi seorang penulis artikel. Peluang bisnis sbg penulis artikel dapat dimasukkan dalam kategori usaha rumahan menguntungkan tanpa modal besar. Menjadi penulis artikel dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan atau bahkan bisnis utama untuk mendapatkan uang dengan bekerja dari rumah. Agar hasil tulisan laku dijual maka pemula perlu mulai belajar tentang cara membuat artikel bagus. Pemula juga harus aktif bergabung ke dalam forum online seperti Ads.id buat memperluas pergaulan dan mencari peluang usaha jadi penulis artikel di forum tersebut karena forum tersebut adalah forum belajar bisnis online dengan anggota sangat banyak (besar).
  4. Ide bisnis online dengan peluang tanpa perlu mengeluarkan modal besar lainnya ialah  memulai usaha dropship. Usaha kecil ini sangat bagus dan direkomendasikan buat pemula. Dalam menjalankan bisnis dengan modal kecil seperti itu, ibu rumaha tangga atau karyawan tak membutuhkan modal besar. Kerja sampingan di rumah ini dilakukan dengan cara mempromosikan produk orang lain di internet atau bisa juga langsung menjualnya kepada orang lain. Jika berhasil atau ada calon pembeli maka tahap berikutnya ialah menghubungi si empunya barang itu untuk membuat order sesuai pesanan. [Baca artikel khusus tentang Usaha Dropship Untuk Pemula].

Cara Mulai Bisnis Online Yang Perlu Diperhatikan Oleh Pemula


Ada fakta bahwa jika 10 orang pemula secara bersama-sama mulai bisnis kecil rumahan di internet di tahun pertama, maka hanya akan tersisa 2 orang saja yg masih giat untuk meneruskan bisnis kecil tersebut pada tahun ke-2. Itu artinya, ada peluang sekitar 80% pemula mengalami kegagalan. Gagal mendapatkan uang saat menjalankan bisnis online disebabkan oleh beberapa alasan, hingga mereka umumnya kemudian memutuskan mencari peluang usaha lainnya. Ada pun penyebab kegagalan itu disebabkan oleh:

- Pemula tak memperoleh informasi benar seputar bisnis online tersebut. Perlu diketahui bahwa saat ini sangat banyak informasi yg membahas tentang bisnis rumahan di internet dengan memakai cara memberi iming-iming misalnya “bisnis rumahan yang mudah tanpa modal”, dengan janji mendapatkan untung besar tapi pada akhirnya malahan merugikan karena tak seorang pun pemula yg berhasil mendapatkan uang seperti janji tersebut. Inginnya mencari uang dengan cepat namun kenyataannya tertipu oleh orang tak bertanggung jawab. Sebaiknya jika seorang karyawan atau ibu rumah tangga bila mau mencari uang di internet maka teliti baik-baik seperti apa cara kerja dari bisnis tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk terhindar berbagai macam usaha penipuan yg semakin banyak saat ini.

- Kekurangsabaran merupakan penyebab kedua yg umum terjadi kepada seorang pemula saat belajar menekuni usaha rumahan modal kecil mereka di internet. Kurang sabar dalam belajar, kurang sabar melihat hasil sehingga membuka peluang tidak fokus dalam menjalani proses pembelajaran. Hal seperti itu seharusnya perlu disadari dan diwaspadai para pemula. Menurut pengamatan saya selama ini, jika dalam 1 atau 2 tahun pemula belum dapat menghasilkan uang dari bisnis online mereka (walaupun hanya sekedar uang recehan), maka sebaiknya harus cari tahu (introspeksi) penyebab kegagalan itu. Keputusasaan dan membuat keputusan untuk berhenti belajar adalah bukan jalan keluarnya. Ingat, bahwa tidak ada guru atau mentor tentang bisnis online yg berani memberikan jaminan 100% berhasil dalam kurun waktu tertentu saat pemula mulai belajar mereka. Intinya, bisnis rumahan apapun membutuhkan waktu dan proses belajar sampai nanti mendapatkan uang seperti harapan.

- Fokus adalah hal mutlak yang perlu dipegang teguh oleh pemula saat menjalani bisnis online. Semakin pemula fokus terhadap sebuah bisnis maka peluang keberhasilan mendapatkan uang di internet bertambah besar jika dibandingkan bila dia menekuni/menjalani lebih dari 1 macam bisnis secara bersamaan. Oleh sebab itu, mudah berubah pikiran saat belajar menekuni sebuah peluang bisnis ke peluang bisnis lain sebisa mungkin haruslah dihindari. Sebaiknya para pemula harus menguasai 1 ilmu dulu dan jadilah mahir (menguasai betul) ide bisnis tersebut. Saat benar-benar telah menguasai maka bolehlah untuk mengembangkannya lagi supaya penghasilan Anda menjadi semakin bertambah besar. Fokus kepada satu macam bisnis merupakan keputusan terbaik sampai benar-benar menghasilkan uang dari bisnis rumahan tersebut. 

Memiliki usaha sendiri merupakan impian dan harapan orang yg memiliki jiwa kewirausahaan, oleh sebab itu menjadi penting jika memilih sebuah macam bisnis yg ingin ditekuni maka perlu memperhatikan modal, ketrampilan dan minat. Jadi, siapapun sebenarnya bisa menjadi seorang pebisnis, entah itu ibu rumah tangga, karyawan atau anak muda, maka bisa memulai atau buka usaha rumahan ibu rumah tangga yang menguntungkan walau hanya memiliki modal kecil tapi dengan modal keinginan kuat untuk maju dan siap bekerja keras demi memperbaiki taraf hidupnya maka sukses pun akan datang menghampirinya. Ayo, jangan malas, mulai bisnis sendiri!