Usaha Online Kuli Panggul Tanpa Modal Besar Yang Sukses


Ditengah makin tak mudahnya untuk mencari pekerjaan di sektor formal saat ini, membuat banyak orang di Indonesia merasa pesimis (hilang harapan) terhadap masa depan mereka. Apalagi ditekan dengan biaya untuk hidup sehari-hari yang makin lama semakin besar maka membuat orang sudah tak bisa berpikir secara realistis sehingga tidak bisa menemukan sebuah cara atau mencari peluang usaha rumahan yang menguntungkan dan menghasilkan.

Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya di luar sana ada banyak sekali contoh peluang bisnis yg bisa dikerjakan dari rumah dan sangat mungkin dipelajari oleh siapa saja asalkan dia memiliki tekad dan semangat untuk maju dan tidak putus asa. Di kesempatan kali ini, kami ingin membagi sebuah cerita sukses atau contoh bisnis online tanpa modal uang yang besar oleh seorang ayah yg tidak tamat SD (sekolah dasar), namun karena kerja keras, ketekunan dan impian agar bisa merubah nasibnya maka dia akhirnya berhasil memperoleh penghasilan ribuan dolar dari bisnis di internet.

Contoh Sukses Usaha Online Tanpa Modal Besar Seorang Kuli Pelabuhan Yang Tidak Tamat SD


Nama Henry Jufri, seorang kuli panggul pelabuhan di Makassar, menjadi sangat populer dalam minggu ini karena menjadi bahan obrolan para netizen saat ini. Ini disebabkan karena ayah usia 32 tahun ini berhasil mendapatkan penghasilan lumayan besar dengan gaji dolar dari Google Play sebesar US$ 1.200 atau sekitar 14 jutaan rupiah dari keberhasilannya membuat aplikasi game hasil ciptaannya. Walau telah sukses menekuni usaha online itu, tapi dia masih giat bekerja sebagai kuli pelabuhan di Makassar yg setiap hari menawarkan jasa angkut (memanggul) barang penumpang kapal yang beratnya bisa mencapai puluhan kilogram.

Contoh Usaha Online Tanpa Modal Besar

Menurut pengakuannya, Henry mengatakan bahwa penghasilannya sebagai kuli pelabuhan berkisar 2 jutaan setiap bulan. Hasil sebesar itu bisa didapatkan jika dia beruntung dan mampu bersaing dengan kuli panggul lainnya naik-turun kapal untuk mendapatkan penumpang yg memerlukan jasa angkut barang. Secara keseluruhan memang penghasilannya tidak menentu, rata-rata dia bisa mendapatkan uang antara 20 ribu s/d 100 ribu sekali pikul, namun jumlah sebesar itu harus dipotong sebesar 20% buat bos yang memasukkannya di pelabuhan. Bisa dibayangkan, betapa berat perjuangannya mencari uang sebagai kuli pelabuhan.

Disamping itu, bekerja kasar sebagai kuli panggul di pelabuhan juga tak jelas status ketenagakerjaannya. Karena tak ada kontrak kerja atau status sebagai karyawan suatu perusahaan yang mempekerjakan karena memang profesi seperti itu sama dengan profesi tenaga kasar lain seperti tukang becak, tuakng ojek dan sebagainya. Walau kuli pelabuhan diberi seragam dan nomor besar di bagian dada dan punggung, tapi tanda itu hanya sebagai pengenal saja. Sehingga jika ada kecelakaan kerja maka harus menyiapkan uang sendiri untuk pergi berobat.

Meskipun kondisinya seperti itu, tapi Henry masih tidak mau berhenti bekerja sebagai kuli pelabuhan yg sudah 13 tahun ditekuninya. Dia sadar betul bahwa pekerjaan sebagai kuli tidak untuk selama-lamanya karena pekerjaan seperti itu harus mengandalkan tenaga, jika masih muda maka pekerjaan itu bisa dilakukan tapi jika sudah semakin berumur maka tak mungkin dapat memperoleh uang lebih banyak karena tak mampu membawa barang berat milik penumpang kapal. Dia berharap bisa meninggalkan pekerjaan sebagai kuli secara bertahap. Sejak mendapatkan uang dari usaha online dengan membuat aplikasi permainan (game) yang dijual di Google Play Store, saat ini Henry tak lagi terlalu berebutan mengejar semua kapal yang datang ke Pelabuhan Makassar. Sekarang dia hanya memilih kapal yang menurutnya memiliki potensi bagus saja.

Cara Henry Jufri Memulai Kerja Sampingan Tanpa Modal Uang Yang Besar


Nama Henry Jufri, laki-laki yg hanya bersekolah sampai kelas 4 SD itu ramai diperbincangkan orang di internet. Ini disebabkan karena keberhasilannya mendapatkan penghasilan 1.200 dolar atau sekitar 14 jutaan dari Google. Apa yg dikerjakannya sehingga mendapat uang sebesar itu? Ternyata, ayah dua orang anak ini pandai membuat berbagai jenis aplikasi untuk telepon pintar. Aplikasi tersebut lalu diunggah di Google Play Store, distributor produk digital yang dimiliki raksasa mesin pencari terkenal itu. Karena aplikasi buatannya populer dan diunduh oleh banyak orang sehingga dia kemudian mendapatkan pembagian hasil dari Google sekitar 14 jutaan. Dan penghasilan sebesar itu adalah hasil terbesar yang pernah diperolehnya semenjak aktif melakukan usaha online di internet.
google play store

Perjalanannya menjadi pengembang aplikasi memang tidak mudah. Bahkan dia tak memiliki satu unit komputer pun sebagai syarat utama menjalankan bisnis online itu. Akhirnya, Henry Jufry lalu membeli sebuah laptop bekas seharga 800 ribu karena keinginannya yg besar untuk serius menekuni usaha online tersebut. Tapi ternyata, laptop bekas itu tidak memiliki spesifikasi bagus untuk membuat aplikasi game lebih canggih. Dengan kekuatan Random Acces Memory (RAM) hanya 1 GB maka laptop itupun tak berguna sebab untuk bisa membuat game dibutuhkan laptop dengan RAM minimal 2 GB. Akhirnya dia harus berhutang 2,7 juta agar dapat membeli laptop lebih canggih dan kemampuan lebih baik.

henry jufri kuli panggul pelabuhan makassar

Selain modal laptop, Henry juga harus mengeluarkan uang kembali untuk membeli akun di Google Play Store sebesar US$ 25 atau 300an ribu sebagai persyaratan lainnya. Setelah alatnya lengkap, maka barulah dia bisa mulai membangun dan membuat bermacam jenis aplikasi game (permainan) dengan aneka jenis variasi. Dia memulai bisnis online membuat aplikasi game itu sejak Oktober 2014 dan telah berhasil membuat ratusan aplikasi permainan baru.

Tapi dari ratusan aplikasi itu hanya sekitar 10 jenis item saja yang bertahan di Google Play Store. Kesepuluh aplikasi game itulah paling banyak diunduh orang dan para pecinta game Android. Dan akhirnya hal itu membuat pendapatannya pelan dan pasti mulai bertambah besar. Dari berpenghasilan hanya sekitar 1 jutaan per bulan namun saat ini telah berhasil mendapatkan uang sampai 14 jutaan.

Kunci Peluang Sukses dari Bisnis Online


Dari cerita sukses di atas maka ada beberapa kata kunci penting saat Anda ingin menjalankan usaha online di internet, yaitu:

- Mau Belajar, jelaslah bahwa tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap seberapa besar penghasilan yang ingin diperoleh. Sepanjang seseorang mau belajar meningkatkan kemampuannya maka kemungkinan untuk memperoleh uang lebih besar bisa saja terjadi. Henry Jufri hanyalah 1 contoh, bersekolah s/d kelas 4 SD tapi lihatlah penghasilannya sekarang. Bukankah ini sebuah inspirasi yg seharusnya membuka cara berpikir kita?
- Fokus, jika ingin mengejar impian/cita-cita maka berusahalah mencapainya tanpa terpengaruh keadaan di sekeliling. Semakin pikiran dan tenaga tertuju hanya pada satu titik tujuan yaitu usaha online tanpa modal yg ingin dicapai maka kecepatan untuk mencapai titik itu menjadi semakin besar dan cepat.
- Kerja Keras adalah harga mati yang tak bisa ditawar-tawar lagi. Jika tidak berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh maka jangan harap hasilnya akan maksimal/besar sesuai harapan.
- Sabar dan tetaplah berdoa menurut keyakinan masing-masing karena ini adalah faktor sukses lainnya yg sering dilupakan orang ketika menjalankan bisnis online tanpa modal di internet.