Contoh Bisnis Makanan Menguntungkan Modal Kecil


Susah cari contoh usaha modal kecil rumahan yang menguntungkan? Punya modal yang kecil atau terbatas dan sulit untuk menemukan bisnis kecil buat sampingan di rumah? Di tulisan ini, kami akan memberikan gambaran tentang sebuah usaha kecil menguntungkan di bidang minuman yang hanya butuh modal kecil tapi sangat menguntungkan jika ditekuni dengan rajin dan kerja keras.

Siapapun pasti akan suka cokelat. Rasanya yang manis dan memiliki efek menenangkan sehingga membuat olahan coklat amat diminati terutama oleh ibu rumah tangga. Maka tak ayal saat ini banyak pelaku bisnis kecil rumahan, misalnya karyawan atau seorang ibu rumah tangga, mulai tertarik mencoba peruntungan menjalankan bisnis minuman coklat yang mulai disukai oleh anak muda. Disamping disukai  masyarakat, untuk memulai bisnis minuman coklat ini hanya membutuhkan modal kecil saja tapi cepat mendatangkan keuntungan. Bisnis kecil rumahan minuman coklat seperti apa yang mulai naik daun, menguntungkan dan bagaimana prospek ke depannya?

[Baca juga: Bisnis Camilan Yang Hasilkan Puluhan Juta Sebulan]

Minuman Coklat, Usaha Waralaba Modal Kecil - Sebuah Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

Selain memiliki citarasa manis, coklat rupanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan misalnya anti depresi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi resiko kanker, membuat kulit menjadi halus dan menghambat penuaan. Maka tidak aneh jika usaha rumahan olahan coklat akan tetap memiliki peluang bagus karena dapat diterima oleh semua golongan usia.

Seorang pengamat pasar berkata bahwa masa depan bisnis rumahan minuman coklat dengan modal kecil masih amat menjanjikan. Ini disebabkan oleh karena selama ini coklat hanya dijadikan sebagai salah satu menu saja dan masih sedikit pelaku usaha yang benar-benar fokus mengembangkan bisnis minuman coklat sebagai menu sajian utama. Padahal jika mau kreatif, coklat bisa dimodifikasi menjadi aneka minuman lezat sekaligus menyehatkan. Tak sedikit para pelaku usaha rumahan, kayak ibu rumah tangga, cenderung fokus hanya pada satu jenis minuman coklat saja dan menjadikannya hanya sebagai salah satu menu saja. Padahal, coklat dapat dikembangkan jadi banyak jenis variasi minuman berbahan coklat.
contoh bisnis rumahan yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga

Cara Menjalankan Usaha Rumahan Yang Menguntungkan Buat Ibu Rumah Tangga

Dengan luasnya pasar, tentu akan mempermudah pelaku usaha rumahan, seperti karyawan/ ibu rumah tangga, yang menjalankan bisnis minuman coklat ini untuk memilih kalangan mana yang mau disasar. Apakah kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah. Paling penting ialah tepat dalam membidik pasar  yang dituju. Misal saja, jika membuat konsep cafĂ© dengan harga lebih mahal adalah tepat bila menyasar kalangan atas, perkantoran hingga pebisnis. Nmun jika memakai booth, sebaliknya bila cenderung pilih sasaran pasar kelas bawah dengan segmentasi market seperti anak sekolah maka tawarkan dengan harga lebih terjangkau.

Walau bisnis waralaba minuman kayak jamur saat musim hujan, tapi pemilik merek bisnis yang khusus menawarkan minuman coklat masih jarang diketemukan. Itu dikarenakan, kebanyakan minuman coklat hanya dijadikan menu tambahan. Lihat saja di mall atau pujasera, terlihat sangat jarang pelaku bisnis yang hanya menawarkan menu minuman coklat secara khusus.

Dengan kondisi seperti itulah, Dikdik Dika Prasetya, pemilik merek Coklat Kocok, berminat buat kembangkan bisnis minuman coklat yang menguntungkan tsb. Dikdik beranggapan, para pelaku usaha rumahan, seperti ibu rumah tangga/ karyawan, yang murni hanya menawarkan varian menu minuman coklat masih sangat jarang sekali. Jadi memang, pasarnya masih belum tergarap dan gerai yang fokus menjual minuman coklat saja masih sedikit. Oleh krn itu, dia hanya khusus menjual minuman coklat saja.

Jenis Usaha Waralaba Menguntungkan Yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Para pelaku usaha kecil di Indonesia memang pantas diacungi jempol, pasalnya banyak wirausahawan penjual minuman coklat yang menawarkankan aneka contoh pilihan rasa dengan topping unik seperti yang dilakukan oleh pemilik Choco Rich dan Coklat Kocok. Aneka jenis pilihan minuman coklat itu, tentu akan makin memudahkan calon pemilik bisnis rumahan (mitra usaha) untuk memilih usaha minuman coklat yang mau dijalankannya.

Di samping jenis dan keunikannya beragam, investasinya juga terhitung terjangkau. Coklat Kocok contohnya, dipatok dengan paket modal mulai dari 1,5 juta dan 4,5 juta saja, sehingga calon pemilik bisnis rumahan (mitra usaha) sudah dapat jualan minuman coklat dengan skala kecil. Disamping itu, ada Coklat Mania dan Coklat Rich yang mematok modal mulai 2,5 juta – 12 juta. Jika ibu rumah tangga/karyawan mempunyai modal lebih besar, maka tak salah untuk memilih tawaran usaha kerja sama Coklat Klasik dengan modal mulai 7,5 – 47 juta.

[Baca juga: Usaha Kue Donat Modal 10 Juta Seorang Ibu Rumah Tangga Yang Sukses]

Kabar baiknya ialah pemilik waralaba minuman coklat tersebut tidak memungut royalty fee dan mereka menjanjikan bisa balik modal secara cepat, dimana persentase keuntungannya cukup menggiurkan. Contohnya waralaba Coklat Kocok, Choco Rich dan Coklat Klasik berani menjamin para mitra bisnis rumahan balik modal dalam tempo antara 3 – 6 bulan dan bisa untung bersih 20 – 32 % dari omset penjualannya. Sedangkan waralaba Coklat Mania juga optimis bahwa mitra bisnis rumahan bisa kembali modalnya dalam waktu 1 – 2 bulan saja dengan keuntungan sebesar 33 % dari omset perbulan.

Tips Menjalankan Bisnis Menguntungkan Tahun 2015
Saat ini, perkembangan bisnis makanan dan minuman masih dominan dibandingkan dengan usaha rumahan di sektor lain, tak terkecuali usaha olahan minuman coklat ini. Selain haya butuh modal yang kecil, bisnis rumahan minuman coklat ini punya prospek yang menjanjikan. Apalagi bila dilihat bahwa pada umumnya masyarakat menyukai coklat mulai dari anak-anak sampai para orang tua.

Bila dilihat dari jenis bisnis rumahan berbahan coklat yang telah ada, masih dominan oleh makanan seperti brownies coklat, tart coklat, dan permen coklat. Oleh sebab itu, peluang usaha rumahan minuman coklat tetap terbuka lebar. Apalagi bila mau mengembangkannya memakai cara waralaba, maka akan sangat prospektif. Ambil contoh, di mall-mall atau pusat perbelanjaan, umumnya hanya ada  toko kue coklat dan sejenisnya, tapi buat minuman yang ditemukan ialah teh, kopi, atau jus buah. Masih sedikit pelaku usaha rumahan, misal karyawan atau ibu rumah tangga yang jualan minuman coklat sebagai bahan utama.

Dengan membuat produk minuman coklat lebih unik dari yang sudah ada maka itu akan lebih menguntungkan. Produk unik itu akan menjadi modal dalam menghadapi persaingan usaha rumahan yang dihadapi nanti dan merupakan ciri khas yang memberi nilai plus untuk usaha minuman coklat oleh ibu rumah tangga.

Jangan lupa ketika membuka sebuah usaha rumahan, pemilihan lokasi pun sangat menentukan keberhasilan usaha rumahan itu. Jadi, pilih lokasi paling tepat dengan target pasar dan segmentasi yang mau digarap. Contoh, bila membidik kalangan menengah ke bawah, maka jualanlah di sekitar kampus, sekolah, atau pasar. Bila ingin membidik pasar kalangan menengah ke atas, maka lebih baik cari lokasi yang representatif, contohnya di mall atau pujasera.

Puluhan Contoh Usaha Waralaba Minuman Coklat Yang Bisa Dikerjakan Oleh Ibu Rumah Tangga
- Coklat Mania Camp, jl. Veteran 20, Singgahan, Palem (Kampung Inggris) Pare Kediri, modal 2,5 – 8 juta.
- Coklat Mania, jl. Diponegoro V / 5 Banyumanik Semarang Jawa Tengah, modal 3,5 juta.
- Coklat Kings, jl. A. Paturungi, Taman Solthana D 33 Sulawesi Selatan, modal 4 – 20 juta
- RezBeans Chocolate Float Shake, jl. Raya Mangga Besar no. 135 – 136 Jakarta Pusat, modal 4,5 – 15 juta.
- Revell Coklat Indonesia, jl. Ahmad Yani no. 103 Cirebon, modal 5 juta.
- Choco Mamma, Maguwo RT. 14 RW 27 no. 160 A, Banguntapan, Bantul Yogyakarta, modal 5 juta.
- Alia Chocolate, Gedung Graha Sentana Lantai 2, jalan Buncit Raya no. 2 Jakarta Selatan, modal 5 juta.
- Coklat Holic, jl. Kapten Dulasim XI C no. 43 RT. 3 RW. 1 Kramat Inggil, Gresik. Modal 5 – 6,5 juta.
- Cokola Blend, Blok M Square, Food Court lt. 5, Blok M Jakarta Selatan, modal 5 – 7 juta.
- Mang Kacau, jl. Empu Panuluh Raya no. 44, Permunas 2 Tangerang, modal 5 – 32 juta.
- Waweo Choco Buzz, jl. Ry. Bambang Saptorenggo, Pakis Malang Jawa Timur, modal 6 juta.
- Pasco, jl. Kalitan no. 3 Surakarta, modal 7 – 9,5 juta.
- Coklat Klasik, jl. Ry. Joyo Agung, Ruko Griya Amarta kav. C 6 Malang, modal 7,5 – 47 juta
- Magic Chocolate, jl. By Pass Ngurah Rai 154 Sanur Kaja, Denpasar Bali, modal 10 juta.
- Frezz Bubble Choco, jl. Sukabakti III no. 25, Tangerang, modal 10 – 12,5 juta.

[Baca pula: Contoh Bisnis Waralaba Makanan Modal Ringan Yang Menguntungkan]

Itulah beberapa contoh bisnis rumahan yang menguntungkan dari waralaba minuman coklat. Pilihlah satu jenis waralaba yang paling sesuai dengan modal yang Anda miliki. Ingatlah, bahwa sekecil apapun bisnis yang dijalankan pasti akan membuahkan untung jika dikerjakan dengan sabar dan kerja keras. Selamat berusaha!