Peluang Usaha Menguntungkan Buat Sampingan di Jakarta


Peluang usaha sampingan di Jakarta sebenarnya cukup banyak jenisnya namun terkadang kita kesulitan untuk menemukan salah satu bisnis sampingan modal kecil yang paling menguntungkan. Kesulitan seperti ini sering dihadapi oleh para pemula atau ibu rumah tangga yg belum pernah sama sekali mencoba menekuni usaha rumahan sebelumnya.

Sebenarnya dalam banyak kejadian dimana para pemula ingin mencoba usaha sendiri di rumah maka mereka biasanya mencari peluang usaha menguntungkan berdasarkan kebutuhan pasar atau dengan kata lain apakah ada pembelinya jika saya nanti jualan suatu barang atau makanan tertentu. Tahap beginian biasanya telah dilakukan oleh ibu rumah tangga yg serius ingin mencari penghasilan sampingan di rumah yaitu dengan melakukan survei atau riset kecil-kecilan mengenai usaha yang ingin ditekuni. Atau bisa juga, seorang ibu rumah tangga atau karyawan yg mencoba menekuni sebuah bisnis kecil di rumah berdasarkan keahlian atau hobi mereka.

Beberapa Jenis Peluang Usaha Sampingan di Jakarta

peluang usaha sampingan di jakarta
Foto: suksesgroup57.com

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha kecil yang kemungkinan dapat Anda pelajari dan lakukan di rumah untuk menambah penghasilan keluarga.
  • Usaha waralaba makanan merupakan salah satu jenis usaha yg sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya di tahun 2014 ini. Banyak sekali macam waralaba yg sudah beroperasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta. Sebagai salah satu usaha kecil menengah, bisnis waralaba makanan sangatlah berpotensi meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan ekonomi masyarakat kecil. Karyawan atau ibu rumah tangga dapat mencoba misalnya dengan menjadi mitra waralaba Martabak Manis yg sangat digemari masyarakat di Jakarta. Modalnya pun tidaklah terlalu besar, mulai dari 7,5 juta maka sudah dapat menekuni bisnis waralaba itu. Contoh pewaralaba martabak manis antara lain Martabak Dalijo (situs www.martabakdalijo.com, modal 10 juta), Martabak Manis Mini 81 (alamat jl. MT. Haryono no. 22 Jakarta Selatan, modal 7,5 juta), Marijol Martabak Mini (web marijol-martabakmini.blogspot.com, alamat Perum Sapphire Residence blok Ruby Q-4 Karangwangkal Purwokerto, modal mulai 8 juta), Martabak Liliput (modal 13 juta, alamat jl. Sendang Baru Raya no. 31 Kemayoran Jakarta Pusat) atau Martabak Manis Terang Bulan yg beralamat di Raya Pondok Gede Bekasi dengan modal mulai 7,5 juta.
  • Bisnis waralaba minuman juga memiliki prospek bagus untuk ditekuni sebagai usaha sampingan di rumah. Dengan modal kecil dan keuntungan lumayan besar maka banyak sekali ibu rumah tangga atau karyawan berminat menjalankan bisnis dengan model franchise itu. Pemilihan lokasi jualan adalah salah satu penentu keberhasilan dalam bisnis minuman itu. Lokasi seperti pusat perbelanjaan, lingkungan sekolah atau kampus, daerah perkantoran, terminal bis atau kereta api adalah tempat-tempat strategis untuk bisnis ini. Berikut adalah waralaba minuman yang menawarkan kemitraan: mitra Your Tea (modal 3 1/2 juta, jl. Babakan Raya no. 76 Kampus IPB Bogor, situs www.waralabateh.com), Teh Poci (modal 4 juta, jl. H. Samali no. 07 Pejanten Barat Pasar Minggu Jakarta), Quick Tea (modal mulai 2,5 juta, jl. Sawo no. 21 Barrel UI, Depok), Teh 16 Rasa Buah (situs www.suksesgroup57.com, modal 2,9 juta), Teh Bolong (modal 3 juta, Pondok Terapi Alkindi jl. Jeruk Raya no. 38 Kel. Jagakarsa Kec. Jagaraksa Jakarta Selatan, situs www.alkindiherbal.com), Teh Alam (modal 6,3 juta, jl. Gunung Sahari Raya no. 13 Blok E 6, situs www.teh-alam.com), Tea Ball Bubble Drink (modal 15 juta, Harco Elektronic Mangga Dua lantai 2 Jakarta Utara), Revo Tea (mall Taman Palem Cengkareng Jakarta barat, web www.revoindonesia.com, modal 5,9 juta), Teh Mesir The Mummy (jl. Mesjid Al Khoirot RT. 15 Rw. 3 no. 2 Batu Ampar Kramat jati Jakarta, modal 4,5 – 5 juta), Warung Teh Kocok (Sunter Agung Barat 5 blok B 2 no. 7 A Jakarta Utara, web waroengtehkotjok.com, modal 20 juta).
Itulah beberapa peluang usaha sampingan di Jakarta yg dapat kami sampaikan dalam tulisan kali ini. Untuk dapat memilih usaha rumahan yang tepat sebagai bisnis sampingan modal kecil maka pilihlah waralaba yang telah menjalankan bisnisnya minimal 5 tahun karena dengan jangka waktu tersebut biasanya sebuah waralaba telah teruji mampu bertahan dalam persaingan usaha. Semakin ketatnya persaingan di bisnis waralaba seperti tahun 2014 ini haruslah disikapi dengan pemilihan franchisor yg telah teruji oleh waktu. Oleh sebab itu, lakukan pengamatan dan pengumpulan informasi sebanyak mungkin sebelum menentukan memilih sebuah usaha waralaba tertentu karena jika ini adalah salah satu langkah awal paling penting dalam menjalankan usaha di rumah.