Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar - Kisah Sukses Seorang Pengusaha.


Memulai usaha tanpa modal uang sepertinya hanya sebuah cerita dongeng saja buat orang awam seperti ibu rumah tangga atau seorang karyawan, namun sebenarnya bisnis sampingan modal kecil bisa dimulai ditekuni sebagai usaha rumahan walau tidak ada modal atau uang sebagai syarat menjalankan sebuah bisnis. Paling tidak, pernyataan tersebut telah dibuktikan oleh Aburizal Bakrie atau yang biasa disapa dengan panggilan pak Ical. Apa sebenarnya yang dilakukan oleh pak Ical sejak dari awal menjalankan usahanya sejak muda sampai sekarang sehingga bisa menjadi salah seorang pengusaha sukses di Indonesia. Jika Anda berminat, maka berikut ini adalah selintas cerita tentang awal bisnis Ical Bakrie ketika memulai bisnisnya dahulu.

Memulai Usaha Tanpa Modal Uang Bukan Hal Mustahil, Hanya Butuh Ide Cemerlang Saja

memulai usaha tanpa modal uang
Setidaknya kenyataan itu pernah dialami sendiri oleh Ical Bakrie saat itu ketika mempunyai keinginan membeli sebuah perusahaan walau dia sadar bahwa tidak uang sepeserpun ada di tangannya. Perusahaan perkebunan tersebut adalah NV Hollansch Amerikansse Plantage Matschappij yang dulu dikelola oleh Belanda dan akan dijual dengan harga 55 juta dolar Amerika. Ical tertarik untuk membeli perkebunan tersebut namun apa daya modal uangnya tidak ada alias sangat jauh dari harga penawaran perusahaan tersebut. Lalu apa yang dilakukan pengusaha sukses ini?

Aburizal Bakrie harus memutar otak untuk mendapatkan ide cemerlang tentang bagaimana cara mendapatkan uang sebesar USD55 juta dalam waktu sekejab? Akhirnya, dia menemukan ide untuk meminjam dari bank , waktu itu adalah Bank Bumi Daya. Sedikit panjang ceritanya ketika proses peminjaman uang dari bank tersebut namun singkat cerita pihak BBD mau memberi pinjaman modal buat Ical sehingga dia mampu membeli dan memiliki perkebunan bekas Belanda tersebut dan sekarang lebih dikenal dengan nama Bakrie Sumatra Plantations.

Ical Bakrie menilai bahwa bisnis yang memiliki prospek bagus untuk jangka panjang adalah usaha yang berhubungan dengan makanan, sumber daya energi dan air. Oleh karena itu, pada tahun 1988 ketika masa sulit perekonomian di Indonesia sudah mulai reda maka dia berniat membeli perusahaan batu bara seharga USD700 juta dan sekali lagi dia tidak memiliki modal cukup untuk membeli perusahaan yang berada di Kalimantan tersebut. Sekali lagi, kepiawaiannya sebagai seorang pengusaha diuji dalam hal itu. Karena tidak memiliki modal maka Ical berusaha mencari rekanan usaha yang mau diajak bekerja sama dengan cara bagi hasil. Tak sulit baginya buat menemukan rekanan usaha seperti itu karena relasi dan kredibilitasnya sebagai seorang pengusaha sudah diakui oleh orang. Dan singkat cerita, perusahaan batu bara tersebut berhasil dibelinya, walau dengan modal hasil pinjaman dari rekanan proyek maupun dari perbankan yang memberi bunga mencekik leher, perusahaan batu bara tersebut sekarang lebih dikenal dengan nama Kaltim Prima Coal (KPC).

Pesan Yang Bisa Dijadikan Pedoman Ketika Hendak Memulai Bisnis
Dari cerita sukses seorang Aburizal Bakrie tersebut, ada 2 hal penting dan mendasar menyangkut sikap mental seorang wirausahawan sejati ketika ingin mencapai kesuksesan, yaitu:
- Walau modal adalah penting dan sangat menentukan sebuah keberhasilan namun modal bukanlah hal utama ketika ingin menekuni sebuah bisnis. Ical Bakrie telah membuktikan hal itu dimana ide cemerlang adalah modal paling utama melebihi pentingnya sejumlah nominal uang tertentu. Tanpa uang sebuah bisnis tak akan berhasil, namun terlebih tanpa ide maka tak akan ada usaha yang bisa dijalankan sama sekali.
- Jangan bekerja sendiri adalah kata kunci kedua bila melihat cerita sukses pengusaha seperti Aburizal Bakrie tersebut. Sebuah bisnis, apapun bentuknya, maka sebaiknya mencari rekanan usaha yang tepat untuk melancarkan usaha yg sedang ditekuni. Pentingnya relasi luas tersebut adalah jalan untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berbisnis.

Nah, ibu rumah tangga atau karyawan yg kebetulan mampir ke blog ini dan sedang mencari ide memulai usaha tanpa modal uang maka kami berharap dengan ilustrasi cerita sukses pengusaha tersebut bisa memberikan manfaat untuk mencoba menekuni sebuah usaha rumahan. Jangan menunda pekerjaan bila sudah menemukan sebuah ide bisnis sampingan modal kecil yang dapat dilakukan di rumah. Jangan takut bayangan kegagalan karena sebenarnya kegagalan adalah guru paling baik buat para pelaku bisnis sebagai bahan evaluasi untuk mencapai kesuksesan lebih hebat lagi. Selamat berbisnis!