Cara Terbaik Memilih Usaha Rumahan Yang Menguntungkan


Kira-kira apa ya usaha rumahan modal kecil atau bisnis rumahan tanpa modal besar yang bisa dikerjakan untuk ibu rumah tangga, karyawan atau siapapun saja saat ini? Memulai usaha sendiri di rumah di tahun 2014 ini telah menjadi sebuah “trend” baru di Indonesia. Orang mulai banyak melirik atau mencari bisnis sampingan modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah agar dapat menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Ini dapat dipahami oleh sebab mencari lapangan kerja juga makin susah di jaman sekarang oleh krn jumlah pertumbuhan angkatan kerja baru setiap tahun tidak sebanding dgn pertumbuhan lapangan kerja sehingga menimbulkan jumlah pengangguran baru dari tahun ke tahun. Namun demikian, buat yang kreatif, tidak mendapatkan kerja di sektor formal bukanlah masalah besar karena sebenarnya peluang usaha yang menguntungkan masih sangat besar untuk bisa digali dan ditekuni sehingga bisa membuka lapangan kerja baru.

Namun masalahnya sekarang ialah banyak sekali calon wirausahawan muda atau para pemula yg ingin mencoba sebuah peluang usaha terbaru selalu terbentur dengan kendala sama yaitu hanya punya modal kecil atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali padahal keinginan untuk menekuni usaha sampingan sangatlah besar.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan sebuah pemahaman baru buat para pemula yg kebetulan memiliki modal kecil atau malah tanpa modal sama sekali namun berniat membuka usaha sendiri di rumah. Inti dari tulisan ini adalah modal atau uang sebenarnya bukan masalah terbesar dalam menjalankan sebuah bisnis rumahan agar bisa berjalan sukses tapi ada hal penting lain yg perlu diketahui oleh ibu rumah tangga atau karyawan ketika hendak menekuni usaha di rumah.

Pilar Utama Menjalankan Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Harus Dipahami

usaha rumahan yang menguntungkan
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa modal uang bukanlah hal paling penting ketika menekuni sebuah bisnis modal kecil di rumah karena seorang wirausahawan membutuhkan modal lainnya seperti antara lain:

Bisnis berdasarkan minat, memilih dan mengerjakan usaha atau bisnis rumahan tanpa modal besar jika dilakukan dengan senang hati maka hasilnya pastilah akan sangat baik. Walau mungkin modal awalnya hanya 2 juta, 5 juta atau mungkin hanya ratusan ribu namun bila menekuni bisnis tersebut sesuai dengan kesukaan atau hobi maka akan memberikan keuntungan yg baik di waktu akan datang. Ini adalah dasar utama ketika hendak memutuskan menekuni sebuah usaha sampingan di rumah. Contoh jenis bisnis berdasarkan hobi atau minat ini sangat banyak, misalnya saja jika suka mengajar maka memberikan kursus privat kepada anak-anak SD, SMP atau SMU adalah peluang usaha menguntungkan. Atau bila suka memelihara hewan misalnya kucing atau anjing maka memelihara dan lalu menjual jenis tertentu dari kedua hewan tersebut bisa dijadikan sebuah bisnis menguntungkan karena banyak sekali orang senang dengan ras tertentu dari kucing atau anjing.

Bisnis sesuai dengan ketrampilan, ini juga amat penting untuk menunjang usaha yg sedang ditekuni. Ketrampilan biasanya melekat dengan latar belakang pendidikan. Misal saja, seorang lulusan SMK jurusan tata boga yg pandai membuat kue maka bisa memperdalam teknik membuat kue yg memiliki nilai jual. Bisnis kue kering adalah salah satu contoh bahwa usaha rumahan membuat kue sangatlah menguntungkan tidak saja ketika memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran atau natalan maka usaha ini sangat laris manis.

Bisnis berdasarkan pengalaman, di Indonesia mungkin sudah banyak sekali contoh para wirausahawan sukses dengan bisnis kecilnya dimana sebelumnya mereka adalah karyawan sebuah perusahaan. Menguasai bidang pekerjaan yg menjadi tanggung jawabnya menjadi salah modal wirausahawan yg dulunya karyawan sehingga ketika di perusahaannya dirasakan tak memiliki peluang lagi untuk bisa mengembangkan karirnya maka mereka memutuskan untuk berwirausaha sendiri di rumah dengan bekal pengalaman kerjanya. Misalnya saja kapster salon buka usaha sendiri di rumah setelah kerja beberapa tahun di sebuah salon, mantan tukang cleaning service yg membuka jasa cleaning service, mantan pembantu di warung bakso yg berani membuka warung bakso sendiri setelah mengetahui resep membuat bakso juga merupakan contoh lainnya.

Memanfaatkan jaringan pertemanan sebagai modal mengembangkan usaha adalah sarana penunjang yg harus Anda kembangkan ketika memilih menekuni bisnis di rumah dengan modal kecil. Semakin besar atau luas jumlah teman yg kita miliki bisa menjadi modal utama untuk memperkenalkan usaha rumahan yg sedang dirintis. Karena mereka bisa dijadikan “pasar” untuk memasarkan produk rumahan kita. Jika saja respon mereka positif atau bagus artinya mereka menyukai produk bisnis yg kita jual maka kemungkinan besar akan sangat antusias untuk memberitahukan kepada teman-temannya. Jangan pernah meremehkan arti promosi dari mulut ke mulut karena ini adalah salah satu jenis pemasaran paling ampuh dan tua dalam sebuah praktek bisnis. Apalagi sekarang penggunaan Facebook sebagai media sosial sangatlah populer di Indonesia maka bukan tak mungkin bisnis tersebut akan memiliki pasar lebih luas lagi.

Cara Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Modal Besar Untuk Pemula

Jadi saat Anda sudah menyadari bahwa menekuni usaha rumahan atau bisnis tidaklah melulu bergantung kepada besar kecilnya modal uang yang dimiliki maka langkah selanjutnya yg harus dilakukan oleh pemula, baik itu karyawan atau ibu rumah tangga, ialah memilih kira-kira bisnis rumahan yang menguntungkan seperti apa yg hendak ditekuni. Kuncinya adalah pilihlah jenis bisnis yang sedang laris manis, banyak dicari pembeli, sedikit pesaing, mudah dikerjakan sendiri dan memiliki prospek bagus untuk jangka panjang.

Oleh karena itu, meski ingin membuka usaha di rumah sendiri dengan modal kecil tidaklah harus dilakukan dengan sembarangan karena jika kurang hati-hati akan menjadi boomerang buat diri sendiri artinya bisnis tersebut bisa berhenti di tengah jalan. Berikut adalah tips singkat untuk mempersiapkan sebuah usaha rumahan yang menguntungkan.

Lakukan perencanaan yg matang seperti misalnya lakukan penelitian atau pengamatan tentang pasar atau konsumen. Apakah ada banyak orang membutuhkan produk yg hendak dijual, jika ya maka amati lagi lebih jauh apakah ada pesaing dalam jenis usaha tersebut. Bila ada pesaing namun belum begitu ketat tingkat persaingannya maka kemungkinan bisnis tersebut dapat coba dijalankan. Misalnya seperti bisnis laundry adalah sebuah usaha rumah yang menjanjikan, cara kerjanya mudah dan prospeknya cukup bagus. Anda bisa mulai mengamati apakah menguntungkan bila menjalankan usaha tsb di rumah. Bila ada pesaing dalam usaha laundry maka solusinya bisa dengan memberikan kualitas layanan lebih baik misalnya memberi fasiliatas antar jemput yg ini sangat menyenangkan buat para pelanggan.

Segera bertindak menjalankan bisnis ketika dirasa segala rencana telah matang adalah hal penting lain agar niat mencari penghasilan sampingan di rumah tidak menjadi kendor. Secepatnya lakukan tindakan seperlunya untuk memulai usaha tersebut. Karena tanpa tindakan nyata maka semua perencanaan tersebut akan menjadi sia-sia.

Kerja keras tidak boleh ditinggalkan oleh seorang wirausaha, karena inilah bahan bakar utama sebuah usaha mandiri. Pantang menyerah, tekun dan giat merupakan perwujudan kerja keras seorang pebisnis sejati. Ingatlah bahwa ketika Anda memiliki dan menjalankan bisnis di rumah maka keberhasilan usaha itu sepenuhnya berada di tangan Anda. Hanya para pekerja keras saja yg dapat menjalankan usaha rumahan modal kecil mereka mencapai titik keberhasilan tertentu seperti harapan dan jangan lupa untuk selalu berdoa agar Anda selalu mendapatkan kekuatan baru setiap hari buat menjalankan bisnis rumahan tanpa modal besar tersebut.