Sukses Pengusaha Makanan Ringan Rumahan Modal 10 Jutaan


Informasi Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan. Hampir semua orang di Indonesia, terutama daerah Jawa, mengenal makanan ringan yaitu Lumpia. Makanan kecil ini adalah jajanan khas Semarang dengan isi sayuran dan disajikan dengan cara dibungkus memakai kulit Lumpia. Ada 2 macam jenis Lumpia yakni basah dan kering. Oleh Ananda Rizky, seorang mahasiswa dengan profesi sebagai pengusaha makanan kecil yg sukses, memakai cara unik dalam mengolah Lumpia basah sehingga memiliki rasa lebih menarik, lain daripada yg lain dan digemari anak-anak sekolahan.

Dengan bekal modal 10 jutaan, merek Lumpia Basah Seafood Mas Miun mulai dikenal karena memiliki berbagai jenis toping sayuran dan aneka seafood dengan rasa nikmat. Seperti apa usaha makanan yg memiliki keunikan tersendiri ini bisa laku di daerah kampus dan kompleks perumahan ini? Yuk, baca terus kisah sukses pengusaha makanan Lumpia ini , yg katanya bisa mendapatkan untung bersih dari modal sebesar hingga 60%. [Baca kisah: Sukses Bisnis Jualan Sambal di Rumah, Omzet 40 Juta/bulan].

Peluang Pasar Usaha Makanan Ringan Lumpia Hasil Produk Rumahan Yang Masih Menguntungkan

Menyadari bahwa peluang pasar makanan ringan seperti Lumpia ini cukup besar tapi pelaku usaha (penjualnya) Lumpia Basah Khas Semarang tergolong masih sedikit seperti di Jawa Tengah, atau kota besar lainnya, menarik Ananda Rizky untuk mencoba ide unik. Bila umumnya, makanan kecil Lumpia Basah disajikan dengan topping rebung dicampur taoge maka ide Nanda, begitu dia biasa dipanggil, menyajikan makanan khas Semarang itu sebagai peluang usaha rumahan menguntungkan dengan cara menambahkan bermacam jenis sayuran dan seafood serta dicampur bumbu khas yg membuat rasanya amat enak. [Baca juga: Bisnis Modal 5 Jutaan Yg Lagi Nge-trend saat ini].

usaha rumahan modal kecil menguntungkan 10 jutaan
- Gambar: LumpiaBasahMasMiun.com - 

Mahasiswa UnPad Bandung ini sengaja membuat atau memodifikasi Lumpia basah menjadi makanan mengenyangkan dan itu bisa disukai oleh teman-teman mahasiswa di kampusnya. Katanya, “Dulu saya melihat di Jatinangor, Sumedang dan sekitar Unpad banyak sekali mahasiswa doyan makan  Lumpia basah, namun penjual makanan hasil produk rumahan ini masih sangat sedikit. Saya pikir, ini adalah peluang usaha yang menguntungkan! Oleh sebab itu, akhirnya memutuskan untuk mencoba membuka usaha Lumpia Basah dengan rasa unik dan berbeda”.

Dari hasil pengalaman orang tuanya yang memang juga menekuni usaha kuliner rumahan, membuat  Nanda tidak kesulitan meramu aneka jenis bumbu sehingg menjadi resep  Lumpia Basah dengan kreasi aneka topping sayuran dan seafood dijamin enak sekaligus juga membuat perut menjadi kenyang. Dengan masa percobaan resep selama 2 hari, ia pun langsung meluncurkan produk usaha kecil menguntungkan itu dengan naman Lumpia Basah Mas Miun pada bulan Mei 2013.

Rahasia Sukses Buka Usaha Dengan Modal 5 Jutaan

Saat itu untuk pertama kalinya, Nanda membuka usaha gerai kecil-kecilan di Jalan Jatinangor, Sumedang dengan mengeluarkan modal 5 jutaan. Modal sebesar itu dipakainya untuk membuat booth, membeli peralatan dan bahan baku awal. Adapun jenis atau varian Lumpia Basah yg diproduksi mulai dari Lumpia Basah Kwetiau, Lumpia Basah Original, Lumpia Basah Sosis, Lumpia Basah Jamur, Lumpia Basah Bakso dan Lumpia Basah Rendang.

Agar produk usaha di rumah itu unik maka ia juga membuat jenis Lumpia Basah memakai aneka topping daging seafood seperti Tongkol, Udang, Cumi dan Kerang. Untuk harga, Nanda memasang bandrol mulai  6 ribu s/d 12 ribu per biji. Ternyata, hasil bisnis kecil menguntungkan tersebut cukup bagus karena banyak orang suka terutama untuk makanan kecil dengan rasa Rendang, Udang dan Cumi.

Ciri khas Lumpia Basah Seafood Mas Miun hasil kreasai Nanda adalah perpaduan jenis makanan tradisional khas Semarang dan Lumpia Basah khas Bandung dengan keunikan rasa unik dan membuat sebagian besar konsumennya suka. Menurutnya, tidak ada pelaku usaha yang memadukan Lumpia seperti ini sehingga persaingan bisnis kecil rumahan ini pun masih kecil. Sebagai penggagas ide Lumpia Basah Seafood modifikasi dan baru pertama kali dikenal masyarakat, namun itu tak lantas produk bisnis rumahan menguntungkan ini sepi pembeli. Ini terbukti dengan banyaknya pembeli setiap hari di gerai milik Nanda. Hasil penjualannya antara 50 sampai 120 porsi Lumpia basah dan dia berhasil mengantongi omzet mencapai 65 jutaan setiap bulan dengan untung bersih sampai 60%. Nyam nyam nyam, lumayan besar ‘kan keuntungan usaha dengan modal kecil ini?

Ide Mengembangkan Usaha Memakai Cara Waralaba

Menyadari bahwa potensi usaha Lumpia Basah Seafood Mas Miun ini cukup menguntungkan, menarik Nanda untuk mengembangkannya melalui cara waralaba di 2014. Untuk itu, ia membuat SOP ( Standard Operating Procedure ), mengurus perizinan baik hak paten logo maupun merek dagang, sedangkan bentuk badan hukum usahanya masih diproses.

Saat ini, dia menjalankan usaha sedang berkembang itu dengan bantuan 16 karyawan dengan membuka  outlet di beberapa lokasi berbeda. “Tiap outlet buka mulai jam 9 pagi sampai 8 malam,” katanya. Sejak mulai diwaralabakan tahun 2014, maka saat ini Lumpia Basah Seafood Mas Miun sudah berhasil menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan 25 mitra usaha yang tersebar di Jawa Barat.

Jumlah Modal Yang Perlu Disiapkan Untuk Bergabung Dalam Bisnis Kecil Ini

Nanda memberi batas modal untuk menjadi Mitra Lumpia Basah Seafood Mas Miun, mulai dari 10,7 juta hingga 15 juta per orang. Dengan modal tersebut, pewaralaba akan mendapatkan paket usaha lengkap, mulai dari booth, alat memasak, bahan baku, bumbu racikan khusus, seragam hingga alat promosi (brosur dan banner).

Kontrak kerjasamanya selama 3 tahun, tanpa biaya royalty. Ini artinya, keuntungan usaha menjadi milik mitra seluruhnya. Agar rasa Lumpiaya sama antara satu mitra dengan mitra lainnya maka mereka wajib membeli bumbu racikan 1 box (isi 6 buah) seharga 125 ribu per paket. Sedangkan bahan baku lainnya seperti kulit Lumpia, sayur dan seafood bisa dibeli pasar terdekat.

Dengan perhitungan bahwa tiap mitranya mampu menghasilkan penjualan sampai 9 jutaan/bulan dengan keuntungan bersih sampai 60%, maka setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, para mitra dapat balik modal dalam waktu 4 - 12 bulan. [Baca: Cara Memilih Usaha Supaya Tak Bangkrut].

Jika tertarik dengan usaha rumahan menguntungkan dengan modal kecil ini, silahkan hubungi Head Office Jln. Ir. Soekarno KM. 23 Jatinangor Sumedang, tel 0898 6107 815 / 0812 2074 9395 / Pin BB 7D66 710F, situsnya LumpiaBasahMasMiun.com.