Cara Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil Yg Terbaik


Sebenarnya untuk ikut program kemitraan sebuah franchise (waralaba) amatlah gampang yakni memilih jenis usaha waralaba modal kecil yg terbaik. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan cara mengunjungi pusat franchise, internet atau bisa pula melihat di pameran franchise. Setelah memutuskan jenis bisnis waralaba yg menguntungkan dan ingin tahu lebih detil, maka Anda dapat bertanya kepada pelaku bisnis atau pemilik franchise (Pewaralaba) melalui telepon atau email atau bahkan bertemu dengan franchise managernya.

Setelah itu, pembaca bisa bertanya (mencari informasi dan persyaratan) seperti yg telah ditentukan oleh Pewaralaba. Dari situ, kita bisa mengetahui apakah jenis waralaba bersangkutan cocok dengan kekuatan modal dan potensi kita sebagai calon mitra bisnis waralaba kecil. Jika memang dirasa pas maka Anda harus tunduk dan mengkuti prosedur menjadi mitra bisnisnya. Jika masih bingung dgn kriteria seperti apa dalam memilih bisnis waralaba modal kecil yang menguntungkan, gampang dijalankan dan sesuai dengan harapan kita, maka di bawah ini kami ingin memberikan petunjuk praktis dan mudah dalam memilih salah satu usaha franchise. [Info: Bisnis Waralaba Ayam Bacok Modal Mulai 15 Juta].

Cara Terbaik Memilih Jenis Usaha Waralaba Dengan Modal Kecil

  1. Jumlah Mitra Bisnis Bertambah Secara Stabil. Artinya, telitilah berapa banyak mitra bisnis waralaba yang gulung tikar dari total keseluruhan jumlah mitra franchise dalam kurun waktu 1 – 3 tahun lalu. Makin sedikit jumlah mitra yg gagal (gulung tikar) dalam waktu 3 tahun terakhir maka jenis waralaba itu bisa masuk kategori layak untuk dipilih. Misal, hanya ada 10 % saja mitra bangkrut selama 3 tahun belakangan maka jenis bisnis modal kecil itu dapat dimasukkan dalam kategori menguntungkan untuk dipilih.
  2. Jika ada banyak mitra usaha berhasil melewati waktu selama 5 tahun dan masih bertahan dengan berjualan jenis bisnis itu bahkan mereka sanggup mengembangkan sayap dengan membuka cabang kecil di tempat (lokasi) lain maka itu juga bisa dijadikan patokan bahwa waralaba yg bersangkutan sangat potensial dan menguntungkan untuk ditiru (dijalani). [Info: Bisnis Unik Es Krim Goreng Modal 12 Jutaan].

Berikutnya adalah usaha waralaba menguntungkan dengan modal kecil seperti apa yang terbaik untuk diikuti? Beberapa cara ini bisa dijadikan petunjuk:

  • Sebaiknya memilih jenis bisnis kecil yg mau dijalani sesuai dengan minat Anda. Misal, bila memiliki minat di bidang kuliner maka memilih usaha waralaba makanan atau minuman sangat dianjurkan dibandingkan memilih peluang jenis lain. Kuncinya, jika suatu ikhtiar dikerjakan secara senang hati (tanpa merasa terpaksa) maka hasilnya akan sangat jauh lebih baik daripada mengerjakan sesuatu yg tak disukai.
  • Pelajari secara seksama bagaimana peluang usaha waralaba modal kecil tersebut untuk masa 5 – 10 tahun ke depan. Riset kecil-kecilan bisa dilakukan dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin tentang waralaba tersebut baik dari media cetak, internet atau bertanya kepada orang yg sudah berpengalaman.
  • Pilihlah bisnis dengan investasi kecil dengan persentase keuntungannya besar dan perputaran penjualan yg tinggi. Misalnya jenis toko kecil atau minimarket punya perputaran tinggi, namun peluang ini kurang menguntungkan sebab margin (keuntungan) tipis. Toko membel furnitur punya perputaran relatif rendah namun punya margin besar. Jenis usaha makanan atau bidang pendidikan termasuk memiliki perputaran cukup tinggi dan marginnya lumayan besar juga.
  • Untuk pemula (calon wiraswasta kecil), maka sebaiknya jika menekuni bisnis baru yg menguntungkan tanpa melibatkan banyak orang (karyawan) ketika memulainya. Tujuannya untuk menekan biaya operasional. Menambah karyawan bisa dilakukan jika sudah diperhitungkan secara matang keuntungan yg akan diperoleh, bisninya sudah untung atau untuk mengembangkan usaha.
  • Pilihlah jenis bisnis waralaba dengan perkiraan Break Event Point (balik modal) maksimal dalam 2,5 tahun selama periode masa kontrak kerja sama. Lebih cepat lebih baik. Misalnya jika bergabung menjadi mitra sebuah waralaba makanan kecil dgn masa kontrak kerjasama selama 5 tahun dengan investasi awal 10 atau 20 juta, maka Anda harus bisa balik investasi dalam waktu maksimal 2,5 th. Jadi, perhitungkan secara teliti dan bekerja keras agar waralaba tersebut benar-benar menguntungkan. Lebih baik lagi jika rata-rata persentase keuntungan bersih minimal 20% per tahun dibandingkan total modal. [Baca juga: Cerita sukses kerja sampingan di rumah].
Akhir kata, apapun jenis usaha waralaba modal kecil menguntungkan yg ingin ditekuni maka kerja keras dan perhitungan matang adalah 2 hal yg sangat penting. Jangan sampai bisnis kecil Anda bangkrut disebabkan kurang teliti dalam melakukan perhitungan karena hal itu akan membuat kerugian secara finansial dan waktu terbuang dengan sia-sia.