3 Jenis Bisnis Sampingan Reseller Menguntungkan 2014


Mengenal dan Cara Menjalankan Bisnis Sampingan Reseller

Buat seorang ibu rumah tangga yang ingin penghasilan sampingan di rumah atau seorang karyawan dengan gaji pas-pasan, memiliki usaha sendiri di rumah dengan modal kecil mungkin menjadi angan selama ini. Ibu rumah tangga yang baik dan kreatif pasti akan mencari cara, entah mau dapat ide usaha darimana, untuk bisa memiliki bisnis sendiri di rumah demi untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sehari-hari daripada hanya mengharapkan gaji bulanan dari suami.

Atau seorang karyawan yang mau meningkatkan taraf kesejahteraan ekonominya tentu akan berusaha mencari pula bisnis terbaru saat ini yang menguntungkan buat dikerjakan dari rumah sebagai sampingan usaha.

Apa Itu Bisnis Reseller

Secara harafiah Reseller memiliki arti menjual kembali, jika dalam dunia usaha saat ini maka bisa diartikan bahwa bisnis ini adalah sebuah kegiatan menjual sebuah barang yang bukan hasil produksinya sendiri. Gambarannya seperti ini, A adalah produsen barang dan B ialah penjualnya, maka B bisa dikategorikan sebagai penjual hasil produk si A dan B melakukan kegiatan bisnis sebagai Reseller. Pendek kata, Reseller bisa disebut sebagai perantara yang menjual produk tertentu kepada konsumen (atau pemakai).

Dalam bisnis online, secara garis besar dikenal 2 kategori besar jenis bisnis reseller yaitu reseller langsung dan bisnis dropship. Berikut adalah penjelasannya:
  • Reseller Langsung adalah seseorang yang menjual barang dari orang lain dengan cara membeli (biasanya dalam jumlah besar) dan menjualnya lagi. Pedagang demikian biasanya lebih dikenal sebagai distributor atau agen. Dengan jumlah pembelian yang besar maka harga beli bisa lebih murah dan dia dapat menentukan sendiri harga jual kepada konsumen langsung sesuai dengan keinginannya. Karena pedagang seperti ini membeli barang untuk dijual lagi dalam jumlah besar maka paling tidak dia harus menyiapkan ruangan khusus (gudang) untuk tempat penyimpanan barang tersebut. Keuntungan yang didapatkan dari pedagang jenis ini ialah selisih harga beli dari produsen dengan harga jual kepada konsumen. Reseller jenis ini dengan mudah bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari, seperti toko distributor, padagang di pasar dan sebagainya. Perkembangan internet yang makin maju saat ini telah memungkinkan seseorang untuk menjadi reseller dengan menawarkan dagangannya secara online lewat situs, media sosial, situs jual beli dan sebagainya.
  • Bisnis Dropship adalah salah satu jenis bisnis sampingan reseller yang populer (ngetrend) saat ini di internet. Cara kerja jenis bisnis yang sedang laris saat ini tersebut kurang lebih hampir sama dengan jenis bisnis reseller langsung. Dropship adalah menjualkan produk orang lain dengan keuntungan usaha berasal dari selisih harga pokok dan harga jual. Jadi misal produk sepatu seharga 100 ribu ditawarkan oleh seorang pedagang dan kita menjualnya lagi kepada orang lain seharga 150 ribu maka 50 ribu adalah keuntungan bersihnya. Perbedaan paling mendasar antara bisnis dropship vs reseller ialah kita tak perlu repot untuk mengurus pengiriman barang kepada pembeli karena begitu ada order atau pesanan dan sudah dibayar oleh si pemesan maka tugas kita hanya order barang sesuai dengan jenisnya kepada pemilik barang dan pemilik baranglah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli kita. Oleh karena bisnis dropship ini tak perlu ruang khusus buat penyimpanan barang yg mau dijual maka bisa dikatakan usaha ini dikategorikan sebagai usaha modal kecil menguntungkan saat ini. Yang perlu dilakukan oleh dilakukan oleh para pelaku bisnis dropshipping adalah selalu mengecek ketersediaan barang yang mau dijual karena jangan sampai pembeli diberi produk yang tidak sesuai dengan pesanannya.
Nah, jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga atau karyawan yg ingin mencari bisnis sampingan rumahan maka tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih lanjut dan mencoba mulai usaha kecil di rumah dengan menjalankan bisnis seperti di atas. Ingatlah bahwa karena Anda seorang pemula maka jangan putus asa untuk terus mencoba menekuni salah satu jenis usaha rumahan tersebut. Memang agar bisnis menguntungkan membutuhkan waktu, minimal 3 bulan, sehingga bisa terlihat hasilnya. Semoga artikel pendek ini dapat berguna buat para pembaca sekalian, terima kasih atas kunjungannya.