Bisnis Laundry di Jogja, Apakah Masih Menguntungkan?


Usaha laundry kiloan di Yogyakarta berkembang pesat bak jamur di musim hujan. Ini tak lepas dari semakin berkembangnya kota Yogya sebagai kota dengan banyak sebutan seperti pusat bisnis sampingan modal kecil, kota pelajar, kota wisata, kota pusat budaya Jawa dan sebagainya. Berkembangnya Yogyakarta menjadi pusat bisnis dari kelas tradisional sampai modern, kemajuan bidang pendidikan, bertumbuhnya penduduk terutama kaum pendatang dari luar untuk tujuan bekerja maupun menuntut ilmu. Perlahan-lahan mengubah pula gaya hidup masyarakat pada umumnya. Yogyakarta telah menjadi kota modern dengan berbagai fasilitas memadai yang ditopang oleh kota satelit yg ada disekitarnya. Tuntutan masyarakat pun ikut berubah juga, serba praktis dan cepat adalah salah satu ciri khas tersendiri untuk kehidupan perkotaan. Gaya hidup praktis, cepat dan ekonomis bisa jadi merupakan peluang bisnis baru jika kita pandai mengkonversinya menjadi sebuah usaha rumahan yang menguntungkan. Salah satunya ialah dengan menjalankan usaha laundry di rumah.

Menjalankan Usaha Laundry Kiloan di Yogyakarta, Apakah masih menguntungkan?

Usaha laundry kiloan di Yogyakarta
Walaupun bisnis di bidang jasa seperti ini memang tidak membutuhkan modal besar dan mudah dikerjakan oleh siapa saja, terutama oleh ibu rumah tangga, namun bila Anda hendak menekuni bisnis ini maka sebaiknya mempertimbangkan dengan seksama. Mengapa demikian? Karena usaha ini sepertinya sudah banyak sekali pelakunya, keuntungannya pun tidak seberapa (karena tarif rata-rata laundry kiloan hanya sekitar 3500 rupiah saja), tapi jika dari sisi ini tidak membuat seorang ibu rumah tangga menyerah sebelum mencobanya maka berikut ini adalah beberapa cara untuk memulai usaha cuci setrika ini sebagai bisnis sampingan di rumah.

Tips Menjalankan Laundry Kiloan
  • Lokasi tempat usaha sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis dan ini juga sepertinya berlaku pula saat menjalakan usaha londri. Lokasi yg paling cocok buat usaha rumahan spt ini, misalnya lingkungan komplek perumahan, seputar daerah kos-kosan mahasiswa / karyawan.
  • Sebaiknya memberikan pelayanan “lebih” kepada pelanggan seperti misalnya layanan antar jemput ke dan dari rumah pelanggan. Cara seperti ini akan memudahkan pelanggan sehingga mereka seolah diperlakukan benar-benar sebagai raja.
  • Mempertahankan kualitas jasa, misalnya saja hasil cuciannya bersih dan setrikaan berbau harum adalah salah satu kunci utama menjadi sukses dalam bisnis jasa ini.
  • Ketepatan waktu menyelesaikan order laundry menjadi kunci penting juga karena pelanggan memiliki kepastian kapan pakaian kotornya sudah dalam kondisi bersih, harum dan licin. Jika sudah merasa kewalahan untuk menyelesaikan orderan tepat waktu seperti biasanya maka itu berarti sudah waktunya untuk mencari orang sebagai karyawan harian buat membantu usaha laundry tersebut.
  • Ketekunan, kerja keras dan pantang menyerah adalah sikap mental yg harus dimiliki oleh siapa saja yg ingin menjalankan bisnis kecil-kecilan, pun juga dalam usaha londri ini. Tanpa kerja keras dan ketekunan maka mustahil sebuah usaha dapat berkembang dan maju seperti yg diharapkan.
Usaha laundry kiloan di Yogyakarta memang bukanlah bisnis yang mudah dikerjakan tapi bila Anda memiliki tekad maka bukan mustahil jika suatu saat akan berhasil. Sangat sulit untuk mencari peluang usaha dengan pesaing yg sedikit tapi buat para pebisnis tulen, persaingan usaha adalah sebuah kenyataan yg harus dihadapi dan bukan untuk dihindari. Apakah Anda siap dengan kenyataan ini?