2 Ide Usaha Kuliner Kreatif 2015 Yang Terbukti Menghasilkan


Pada kesempatan saat ini, kami memberikan informasi ringan seputar ide usaha modal kecil kreatif yang berhubungan dengan makanan. Seperti kita ketahui bahwa jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga dengan status suami adalah seorang karyawan (biasa) bukan karyawan swasta yang memiliki jabatan tinggi di kantor atau mungkin pembaca adalah seorang TKW atau TKI yg sedang mencari ide peluang usaha modal kecil karena sudah puas mencari uang di negara lain, maka salah satu jenis usaha paling mudah, menguntungkan, sekaligus hanya butuh modal kecil adalah bisnis makanan ringan modal kecil.

Oleh sebab itu, kali ini kami berusaha memberikan contoh usaha makanan modal kecil yang bisa dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan di rumah atau siapa saja yg memiliki niat membuka bisnis usaha baru. Yuk, baca selanjutnya, bisnis apa yang sedang nge-trend saat ini di Indonesia.


2 Contoh Ide Usaha Kreatif Inovatif Yang Sukses Dijalankan


Jual makanan tradisional khas Indonesia bisa dijadikan pertimbangan untuk menjalankan sebuah bisnis dengan modal kecil yang menguntungkan. Jenis usaha jual makanan khas daerah tertentu dimana itu adalah biasanya makanan tradisional, jika kita tahu peluangnya, maka dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha dengan omzet yang besar. Paling tidak, ada seorang ibu rumah tangga yang telah sukses menjalankan bisnis makanan tradisional tersebut dari hasil uji cobanya.

ide usaha kreatif modal kecil

Belum banyak orang mengenal sosok Resti Purwita Putri, usia 31 tahun, bekas dokter gigi yang menutup prakteknya dan lebih memilih menjalani profesi sebagai pengusaha kuliner. Walau cukup sibuk mengurus kebutuhan keluarganya namun ibu rumah tangga yang memiliki 2 orang anak ini mampu dan berhasil mengembangkan usaha kuliner dengan menjual makanan kecil berbahan ketan.

Pemilik usaha kuliner Ketan Susu Mbok’ne Ancuk itu mampu menghasilkan omset penjualan kurang lebih 300 juta setiap bulan dari kedai kecilnya yang menjual penganan tradisional dimana kesuksesan tersebut tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dan uniknya, kesuksesan Wita (demikian dia biasa dipanggil) berjalan secara alami dalam arti bahwa dia sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang tata boga atau kuliner, karena selama profesinya yang dulu adalah seorang dokter gigi.

Namun karena modal tekad, kerja keras dan mau belajar cara memulai usaha kecil rumahan dari nol plus dukungan keluarga besarnya terutama suami dan mertuanya, maka akhirnya apa yang dirintisnya dari nol malah membuahkan hasil yang laris manis. [Baca: Ide Kreatif Usaha Makanan Resti Purwita Putri DI SINI].

Contoh bisnis makanan ringan modal kecil lain yang mungkin bisa Anda tiru adalah mencoba berbuat seperti ibu rumah tangga ini, yang biasa dipanggil bu Atik. Siapa dia? Dia adalah seorang pengusaha bakso Mini yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Dia tak pernah membayangkan bahwa usaha jualan makanan bakso telah membuat kehidupannya berubah 180 derajat.

Sebelumnya, bu Atik sangat kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk keluarganya dengan cara hanya mengandalkan gaji suami dengan profesi sebagai buruh kasar (kuli) bangunan. Penghasilan seorang kuli bangunan per hari tidak akan pernah menutup kebutuhan rumah tangga dengan jumlah anak 7 orang.

Akan tetapi, berkat kerja keras dan keuletannya, bu Atik bersama suami sekarang telah mampu mengangkat derajat ekonomi keluarga mereka karena telah berhasil mengembangkan usaha bakso gerobakan yg mereka miliki sekarang ini. Kisah perjalanan hidup bu Atik dan suaminya secara lengkap bisa di baca dalam artikel berjudul cerita sukses mengembangkan ide peluang usaha modal kecil ini.

Dari kedua contoh sederhana di atas dapat disimpulkan bahwa tidak perlu untuk susah payah mencari ide bisnis yg butuh modal besar apalagi jika kita belum memiliki pengalaman dalam hal merintis usaha di bidang makanan atau kuliner.

Carilah ide usaha kreatif yang bisa dikembangkan sendiri, misalnya saja menjual makanan yang disesuaikan dengan segmen pasarnya sehingga kita dapat mematok harga jual makanan tersebut. Atau mendesain warung atau tempat jualan makanan sehingga menarik minat dari golongan masyarakat tertentu adalah salah usaha untuk mengenal segmen pasar yang dibidik.

Semoga artikel tentang cara mencari uang ini dapat memberikan sedikit gambaran buat pembaca yang ingin mencoba berbisnis rumahan sendiri.