Cara Memulai Usaha Makanan Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga


Ingin memulai bisnis waralaba dengan modal mini? Inilah beberapa tips dari kami jika para ibu rumah tangga ingin mencoba peluang usaha waralaba yang menguntungkan. Ibu-ibu harus melakukan beberapa tahapan dan mempertimbangkan bisnis kecil tersebut secara masak, karena memulai sebuah bisnis pastinya memerlukan sebuah dedikasi dan pengorbanan.

Tanpa kedua hal itu, maka mustahil usaha kecil rumahan Anda akan berkembang dengan baik. Para pengamat mengatakan bahwa saat menjalankan bisnis kecil, apapun macamnya, maka harus ada persiapan khusus dan serius menekuninya dengan cara meluangkan waktu agar peluang untuk menjadi maju dan berkembang menjadi bertambah besar. Berikut adalah beberapa tips atau cara memulai usaha rumahan ibu rumah tangga  di bidang makanan yg patut Anda ketahui. Baca juga: bisnis tahu Sumedang.

Mencari Usaha Rumahan Yang Paling Cocok Dengan Diri Anda


Mengenali diri sendiri adalah sebuah langkah utama dan penting sebelum memulai usaha kecil di rumah. Misalnya saja, menjadikan hobi ibu rumah tangga sekalian sebagai dasar untuk menciptakan peluang usaha rumahan. Seorang ibu rumah tangga yang gemar memasak dan lihai membuat makanan yang super lezat, maka bisa mencoba membuka usaha makanan seperti warung kecil atau kecil catering di rumah. Peluang jualan makanan tersebut bisa dimulai dengan cara misalnya jual makanan dengan menitipkannya kepada suami agar bisa dijualkannya di kantor atau menitipkan ke warung-warung kecil dan sebagainya. Bisnis menitipkan makanan itu tidaklah memerlukan modal besar dan resiko kerugiannya pun relatif kecil.

Peluang Bisnis Waralaba Yang Menjanjikan Bisa Juga Dicoba


Jika tak mau ribet dan punya modal cukup besar, maka bisa mencoba bisnis makanan yang telah dikembangkan dengan cara franchise. Misal ingin mencoba peluang franchise makanan maka ibu-ibu harus memperhatikan sudah berapa lama bisnis waralaba tersebut menjalankan usaha. Berapa banyak cabang atau mitranya, berapa modal untuk memulai usaha kecil makanan itu. Jika franchise tersebut sudah memiliki pengalaman minimal selama 4 tahun dan punya ratusan mitra dan hanya membutuhkan modal relatif kecil maka jenis waralaba seperti itu memiliki potensi sangat baik dan menguntungkan. Pengalaman mempertahankan sebuah bisnis makanan agar bisa eksis dan berkembang setelah 4 tahun adalah bukti bahwa pemilik franchise memiliki dedikasi kuat dan serius dalam menjalankan bisnis kecil itu.

Ibu Rumah Tangga Harus Belajar Juga Cara Memasarkan Produknya


Peluang untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual sebuah produk, dalam hal ini misalnya jualan makanan, akan menjadi bertambah besar jika tahu bagaimana cara memasarkan produk makanan tersebut. Bila seorang ibu rumah tangga mampu memasarkan dengan baik makanan yang dijualnya maka 80% bisnis makanan itu akan mendapatkan sukses. Lalu bagaimana cara memasarkan yg baik? Sangat mudah! Yaitu mencari lokasi tepat untuk berjualan. Hindari untuk merencanakan sewa tempat mahal seperti di pusat perbelanjaan, pujasera atau sejenisnya tanpa mengetahui lebih dulu potensi keuntungan yg akan diperoleh, apalagi jika para ibu rumah tangga adalah pemula. Alangkah baiknya jika mencari lokasi strategis dengan harga lebih murah karena hanya untuk menjajaki potensi pasar dalam beberapa bulan. Jika sudah terlihat keuntungan yg akan didapatkan maka bisa saja lalu mengembangkan bisnis makanan kecil itu dengan mencari lokasi di pusat belanja yg ramai pengunjung dengan harga sewa lebih mahal. Paling penting adalah sebaiknya menghindari pengeluaran besar untuk biaya sewa lokasi karena akan membuat arus modal bisnis menjadi berat/susah berputar. Memulai dari kecil dulu dan cari peluang untuk mengembangkan jadi besar adalah jalur alami yg harus dilalui oleh setiap pengusaha pemula.

Mengembangkan Bisnis Rumahan Menjadi Lebih Besar


Bila usaha kecil telah berkembang dan memiliki potensi atau peluang menjadi lebih besar lagi maka tak ada salahnya untuk mengembangkannya menjadi lebih besar lagi. Anda bisa saja mewaralabakan usaha tersebut sehingga mendapatkan mitra yg tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Cara franchise atau waralaba seperti ini adalah paling banyak dijalani oleh para pengusaha kecil rumahan yang sudah sukses menjalani bisnis kecil di rumah dan berkeinginan mengembangkan usaha itu menjadi tambah besar.

Menjalankan sebuah bisnis kecil memang tak segampang membalikkan telapak tangan, terutama buat para ibu rumah tangga yg masih pemula. Pilihlah bisnis dengan modal kecil sesuai dengan minat, pelajari dan cari peluang untuk menjalankannya di rumah. Lakukan bisnis secara bertahap, karena itu berhubungan dengan modal. Tekuni usaha rumahan ibu rumah tangga itu dengan kerja keras karena kunci sukses sebuah usaha kecil memang terletak di situ bukan terletak di besarnya modal yang Anda miliki. Dan terakhir, kembangkan usaha menjadi lebih besar dengan cara franchise adalah sebuah solusi tepat untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Selamat berbisnis!