Jual Makanan Ringan Yang Menguntungkan - Dagang Bubur Oats


Usaha Modal Kecil. Saat ini, makanan ringan sebagai modal untuk menunjang hidup sehat menjadi trend populer yang sedang naik daun telah membuka bermacam peluang bisnis kecil menguntungkan. Dan yang terpopuler adalah usaha modal kecil dengan membuat penganan sehat (yang biasa memakai bahan alami dan sehat untuk menjaga kesehatan badan).

Dalam bidang kuliner ini, ada bermacam hal yang dapat diciptakan menjadi peluang  usaha terbaru dengan modal kecil yang menguntungkan. Contohnya adalah Dini Hatta Pamuntjak, seorang wanita yang memiliki kreativitas membuat makanan (produk sarapan sehat) yang disebut overnight oats (bubur oats).

Sebenarnya, Dini secara tanpa sengaja memulai bisnis ringan ini. Orang yang suka makanan ringan dan sehat ini rajin mengupload bubur oats buatannya ke akun media sosial miliknya, seperti Path dan Instagram. Tak disangka, teman di kantornya menyukai bubur oats kreasinya dan minta juga untuk dibuatkan. Dengan modal banyaknya peminat itulah, Dini merintis bisnis kecil asupan sehat buat sarapan pagi yang diberinya merek Dini Hari sejak bulan Oktober 2014.

Produk Dini Hari pun tak semata-mata berupa jenis bubur oats saja. Secara kreatif, Dini mencampur beberapa bahan sehingga membuat rasa overnight oats ini sangat enak. Dia mengkomposisikan bubur oats dengan bahan lain seperti yoghurt, buah-buahan, cokelat, granola, susu rendah lemak, , chia, flax seed, sereal dan muesli. Supaya produk makanan ringan ini lebih nampak menarik, secara manual Dini menata tampilan produk ini dalam wadah toples kecil (jar) supaya orang lebih tertarik.


bisnis makanan ringan modal kecil yang menguntungkan
Img: https://instagram.com/dini.hari/

Produk makanan ringan untuk sarapan pagi Dini Hari mempunyai 14 varian rasa. Selama menjalankan bisnis ini, rasa bubur oats yang terlaris adalah varian dengan rasa cokelat seperti choco wafer, choco banana dan choco strawberry. Setiap toples kecil dibanderol dengan harga 65 ribu rupiah. Dalam sehari, Dini rata-rata bisa bikin 40 toples. Walau bisnis ini tergolong bermodal kecil, karena Dini yg masih berstatus karyawan ini menjalaninya hanya untuk usaha sampingan di rumah tapi keuntungan bersih berkisar 40% sehari. Sebuah keuntungan yang lumayan, bukan?

Bisnis makanan ringan yang sehat masih memiliki potensi besar di tengah trend hidup sehat yang mulai digandrungi masyarakat di kota- kota besar. Bisnis kecil menguntungkan ini adalah jenis peluang usaha terbaru. Pasarnya adalah orang yang menyukai yoga, maraton, fitnes atau olahraga jenis lain dimana mereka tentu juga sangat memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Masyarakat, khususnya di daerah perkotaan dengan tingkat edukasi yang baik mulai memperhatikan bagaimana menjalani cara hidup sehat. Di lain pihak, sibuk dan macet adalah penyebab utama orang sulit menyiapkan makanan ringan yang sehat. Inilah modal penting sebuah peluang bisnis dengan jenis makanan sehat cepat saji seperti overnight oats.

Cara Terbaik Memulai Bisnis Yang Bergerak Dalam Jenis Makanan Ringan dan Sehat Ini

Jika pembaca tertarik untuk mencoba bisnis modal kecil seperti itu maka salah satu kuncinya adalah harus memiliki daya kreasi yang baik untuk memadukan berbagai bahan yang dijadikan produk bubur oats yang enak tapi tetap menyehatkan tubuh. Perlu juga diperhatikan penampilan atau penataan kemasannya sehingga bisa lebih menggoda lidah calon pembeli.

Seperti apa yang dilakukan Dini saat memulai bisnis kecil menguntungkan dengan menjalankan usaha makanan ringan ini, dia rajin bereksperimen dengan cara mencampurkan beberapa bahan ke dalam resep bubur oats buatannya. Secara alami, memang rasa bubur oats adalah hambar dan kurang sedap dimakan kalau tanpa variasi sehingga bisa cepat membosankan. Namun dengan penyajian bubur overnight oats secara berlapis, seperti di bagian bawah oats dicampur susu, lalu ditaburi corn flakes, granola dan aneka buah untuk topping maka rasa yang hambar itu menjadi lebih menarik tanpa meninggalkan unsur sehatnya. Anda bisa mencari referensi varian rasa dari berbagai sumber seperti lewat internet karena memang sumber modal informasi ringan ini berasal dari luar negeri.

Masalah tidak ringan muncul saat menjalankan bisnis kecil makanan sehat untuk sarapan pagi ini yaitu sulitnya mencari bahan baku seperti sereal, oats, granola, almon atau bahan lainnya. Tapi jika Anda tinggal di daerah perkotaan maka bisa dengan mudah mencarinya ke supermarket atau distributor produk makanan ringan hasil impor. Sedangkan untuk masalah pemasaran, Dini selama ini tak merasa kesulitan karena dia biasa memakai akun Instagram atau media sosial lain buat modal jualan tapi paling efektif adalah pemasaran dari mulut ke mulut yang selama ini memberikan kontribusi besar penyumbang keuntungan bisnisnya.

Usaha kecil dengan mencoba bisnis makanan ringan seperti inilah yang perlu dikembangkan oleh siapapun. Dan kreativitas adalah modal paling besar yang menentukan keberhasilan usaha seperti ini. Apakah Anda tertantang untuk mencoba menggelutinya? Ayo, lakukan segera!